Pengertian negara maju : ciri-ciri dan contohnya – Secara umum, negara maju merupakan negara yang dapat menikmati standart hidup tinggi dengan tingginya teknologi dan pemerataan ekonomi. Sebenarnya, untuk mengatakan negara itu maju atau tidak, dapat dipandang dari berbagai sisi namun teknologi tinggi dan pemerataan ekonomi adalah dua poin besarnya. Dua poin tersebut adalah hal yang sangat berguna bagi penduduk dari negara maju tersebut. Mengenai negara maju akan dibahas lebih rinci, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan contoh negara maju. Berikut adalah ulasannya:

Pengertian Negara Maju

Istilah negara maju digunakan untuk mengklasifikasikan negara maju dan berkembang secara ekonomi sehingga dalam pengklasifikasian tersebut di dasarkan pada sektor industri. Sektor industri ketiga dan keempat adalah yang mendominasi dari kelompok negara maju daripada sektor industri lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tingkatan sektor industri yaitu, sektor industri pertama merupakan usaha ekonomi yang mengubah sumber daya alam menjadi barang yang setengah jadi. Contoh sektor industri pada level awal ini seperti pertanian, pertambangan, kehutanan, dll. Itulah pengertian dan contoh sektor industri level pertama yang nantinya penjelasan ini akan mengarah pada level industri negara maju.

Sektor industri kedua juga merupakan penjelasan lebih lanjut ke arah sektor industri negara maju. Sektor industri level kedua merupakan kelanjutan dari level pertama yaitu usaha mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi atau barang yang siap pakai setelah diolah lebih lanjut. Contohnya seperti manufaktur dan konstruksi.

Selanjutnya yang mendominasi kelompok negara maju yaitu sektor industri ketiga. Sektor industri ini dikenal juga dengan sektor jasa. Pada sektor ini sudah merupakan kegiatan distribusi barang dan jasa kepada pihak konsumen yang merupakan hasil dari sektor kedua dan yang mendominasi pada sektor ini seperti transportasi barang dan jasa, pariwisata, restoran, dll.

Terakhir yaitu sektor industri keempat yang jua merupakan dominasi dari negara maju. Di sektor ini adalah kegiatan insustri yang berhubungan dengan bisnis jasa yang sifatnya intelektual. Contohnya seperti : penelitian dan pengembangan, konsultasi pendidikan, kesehatan, informasi dan komunikasi, dll. Segala hal yang sifatnya intelektual menjadi ciri dari sektor ekonomi keempat ini. sektor ekonomi ketiga dan keempat tentu memberikan pendapatan yang besar bagi negaranya.

Ciri-Ciri Negara Maju

Pengertian diatas, mungkin sudah bisa memberikan sedikit gambaran mengenai negara maju, namun lebih jelasnya juga akan di jelaskan ciri-ciri negara maju. Ciri yang pertama yaitu standar kehidupan yang tinggi. Standart kehidupan tinggi merupakan cermin dari sebuah negara maju tersebut.

Ciri lainnya adalah angka kelahiran dan kematian rendah. Hal ini dikarenakan beberapa negara maju benar-benar mempertimbangkan perkembangan penduduk. Selain itu, negara maju juga memiliki teknologi yang tinggi pada bidang kesehatan sehingga angka kematian dan kelahiran sangat diperhatikan karena hal ini juga berhubungan dengan pemerataan ekonomi. Ciri selanjutnya yaitu, kegiatan ekonomi yang berkembang pada bidang industri dan jasa. Hal ini berkaitan dengan penjelasan pada poin sub judul pengertian negara maju diatas. Bidang industri dan jasa adalah yang mendominasi, karena hal itu termasuk sektor industri ketiga dan keempat.

Kemudian, tingginya tingkat pendidikan. Hal ini sudah tentu menjadi hal yang paling penting bagi negara maju karena salah satu tujuan negara maju adalah untuk memajukan negara tersebut dalam segala bidang. Jika pendidikan penduduknya tinggi, maka hal ini akan sangat berpengaruh pada kemajuan negaranya.

pengertian negara maju

Contoh Negara Maju

Dari uraian diatas, negara maju dapat dicontohkan seperti negara anggota uni eropa: Belanda, Portugal, Denmark,Spanyol , Swedia,InggrisAustria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, dll. Negara non Uni Eropa seperti; Norwegia, Swiss, Islandia, Monaco, Vatikan, dll. Selain itu, negara Australia, Israil, Amerika Serikat yang termasuk negara bukan Eropa lainnya juga masuk dalam contoh.

Recent search terms:

  • Dari keempat medialisasi mana yang paling penting
  • jelaskan pengertian dari sektor industri pertama
  • pengertian negara berkembang dan contohnya
  • pengertian negara maju dan contohnya
  • sebutkan bidang yang ternasuk industri level pertama
  • sektor industri ketiga dan keempat
  • tingkatan sektor industri
  • Tuliskan pengertian negara maju dengan contoh nya
Pengertian Negara Maju : Ciri-Ciri dan Contohnya
Tagged on: