Pengertian pancasila sebagai dasar negara : fungsi dan kedudukannya – Pancasila sebagai dasar negara atau sering juga dikenal/ disebut dengan dasar falsafah negara, atau ideologi negara adalah suatu acuan atau pedoman dalam mengatur negara. Jadi, di dalam mengatur negara tidak boleh dengan serta merta namun, harus melihat pancasila terlebih dahulu sebagai pedomannya. Dengan demikian, negara tersebut tetap ada pada bingkainya, tidak melampaui batas dan juga tidak mengurangi sehingga akan dihasilkan aturan negara yang jelas. Untuk lebih jelasnya akan diurai sebagai berikut.

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian pancasila sebagai dasar negara seperti yang termaktub dalam UUD 1945 alinea keempat yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Norma hukum yang fundamental suatu negara sifatnya tetap, kokoh dan tidak dapat diganggu gugat kebenarannya. Pancasila sebagai dasar negara merupakan asas kerohanian yang mencakup asas kebalikan, yaitu kebatinan dan cita-cita hukum. Sebagai asas kerohanian, pancasila merupakan sumber nilai, norma, dan juga kaidah moral hukum dan juga negara. Dengan demikian, sifat pancasila mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Sebagai dasar negara, pancasila digunakan untuk mengatur seluruh tatanan bangsa dan negara republik Indonesia. Segala hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan negara kesatuan republik indonesia (NKRI) menggunakan pancasila sebagai pedomannya. Dalam artian semua peraturan yang berlaku harus didasarkan pada pancasila.

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Setelah mengetahui pengertian di atas, selanjutnya fungsi pancasila sebagai dasar suatu negara adalah sebagai sumber hukum negara Indonesia. Jika diamati lebih dalam, di dalam pancasila sudah dijelaskan hal-hal yang sudah mencakup kehidupan dengan jelas sehingga segala peraturan yang di buat harus menggunakan pancasila sebagai pedomannya. Demikian juga pancasila sebagai dasar negara merupakan asas kerohanian tertib hukum di Indonesia.

Fungsi yang kedua adalah sebagai cita-cita hukum bagi hukum dasar suatu negara. Cita-cita negara Indonesia secara jelas sudah disebutkan dalam butir-butir pancasila tersebut. Dengan demikian, pancasila yang digunakan sebagai pedoman ini akan mampu mewujudkan cita-cita hukum Indonesia jika dilakukan dengan baik dan benar.

Fungsi ketiga adalah sumber semangat UUD 1945, pelaksanaan pemerintahan dan penyelenggara negara. Di dalam pancasila yang memiliki makna yang dalam tentunya terdapat semangat bagi UUD 1945, pelaksanaan pemerintahan dan penyelenggara negaranya. Dengan demikian, pancasila sebagai dasar negara bisa memberikan pencerahan bagi negara Indonesia dan juga bangsanya dalam menjalani segala kebutuhan negara dan juga bangsa baik yang bersifat lahiriah dan batiniah.

Fungsi lainnya adalah pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia memiliki jiwa pancasila sehingga kepribadian tersebut bisa menjadi perbedaan dengan bangsa lain. jika bangsa Indonesia memiliki kepribadian/ tingkah laku pancasila, maka negaranya juga akan menjadi negara yang damai.

Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kedudukan pancasila sebagai dasar negara yaitu bahwa pancasila sebagai dasar dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi negara Republik Indonesia. Dengan kedudukan tersebut sehingga dalam pelaksanaannya juga mempunyai fungsi yang kuat.

pengertian pancasila sebagai dasar negara

Dengan demikian, pancasila sebagai dasar negara memiliki kedudukan yang dapat dirinci seperti; pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, pancasila merupakan asa kerohanian, pancasila mengandung norma yang mengharuskan UUD 1945 mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara.

Recent search terms:

  • dwskripsi pancasila sebagai dasar negara
  • fungsi pancasila sebagai negara yang digunakan dalam peraturan pemeritahan negara
  • kedudukan pancasila sebagai dasar negara nkri tidak dapat diganggu gugat
  • mengapa kedudukan pancasil bersifat kuat dan tetap tidak dapat diganggu gugat
  • sebagai dasar negara pancasila mempunyai fungsi sebagai acuan
Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara : Fungsi dan Kedudukannya
Tagged on: