Pengertian pendidikan islam : ruang lingkup dan tujuannya – Pendidikan secara umum adalah proses mengubah sikap atau perilaku seseorang maupun kelompok dalam usaha mendewasakan melalui proses pengajaran. Pendidikan adalah hal yang harus diberikan kepada semua orang, khususnya para generasi muda. Dengan demikian, generasi muda tidak akan melakukan hal-hal negatif yang merugikan. Jika dikerucutkan pada pendidikan islam, pendidikan islam adalah proses pengajaran yang di dasarkan pada nilai-nilai ajaran islam berdasarkan alqur’an dan sunah nabi Muhammad Saw. Berikut penjelasan lebih lanjut.

Pengertian Pendidikan Islam

Pengertian pendidikan islam banyak dikemukakan oleh para ahli, salah satunya adalah Athiyah Al-Abrasy, menurutnya pendidikan islam adalah pendidikan dalam rangka mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan juga bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya sempurna budi pekertinya, memiliki pola pikir yang teratur dan rapi, profesional dalam bekerja dan halus tutur sapanya.

Sedangkan Ahmad D. Marimba memberikan pengertian tentang pendidikan Islam yaitu bimbingan jasmani dan rohani yang didasarkan pada hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam. Menurut pengertian ini berarti yang mendapat bimbingan tidak hanya jasmani namun juga rohani.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat dijelaskan kembali bahwa pendidikan islam adalah sistem pendidikan yang memberikan kemampuan kepada seseorang untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan nilai-nilai islam. Segala sistem pendidikannya mencakup seluruh aspek kehidupan baik duniawi maupun ukhrawi sebagaimana islam mengajarkannya.

Ruang Lingkup Pendidikan Islam

Ruang lingkup pendidikan islam sangat luas sekali karena banyak pihak yang terlibat di dalamnya baik langsung maupun tidak. Beberapa ruang lingkup tersebut diantaranya; perbuatan mendidik itu sendiri, dalam hal ini pendidikan adalah proses mendidik sehingga tentu tak lepas dari perbuatan mendidik itu sendiri untuk mencapai tujuan pendidikan islam tersebut.

Kedua, anak didik. Dalam dunia pendidikan, anak didik adalah objek dari proses pendidikan tersebut. Anak didik dalam suatu pendidikan adalah harapan untuk masa depan yang lebih baik. Dalam hal ini pendidikan islam memiliki tujuan agar anak didik tersebut bisa membawa kehidupan yang lebih baik sesuai ajaran islam.

Ketiga, dasar dan tujuan pendidikan islam. Pendidikan memiliki tujuan khusus yang bersifat mulia. Dasar dan tujuan ini menentukan bagaimana pendidikan tersebut akan membawa anak didiknya sehingga akan menjadi terarah dan tujuan dari pendidikan bisa tercapai dengan baik, tentunya tak lepas dari nilai-nilai ajaran islam. Ruang lingkup pendidikan islam lainnya meliputi, materi pendidikan islam, metode, evaluasi, alat-alat pendidikan islam dan lingkungan sekitar. Semua itu adalah hal-hal yang sangat berpengaruh terhadap tercapainya cita-cita dari pendidikan islam itu sendiri.

Tujuan Pendidikan Islam

Setelah mengetahui pengertian dan ruang lingkup, selanjutnya yaitu mengetahui tujuan pendidikan islam. Sejalan dengan pengertian pendidikan islam yang dikemukakan oleh para ahli, tujuan pendidikan islam juga banyak dikemukakan oleh para ahli. Tujuan ini salah satunya dikemukakan oleh M. Athiyah Al abrasy diantaranya untuk membantu pembentukan akhlak mulia. Akhlak adalah segalanya, semakin bagus pendidikannya maka diharapkan akhlaknya juga semakin mulia.

Tujuan lainnya yaitu untuk persiapan kehidupan dunia dan akhirat. Pendidikan islam dalam hal ini tidak hanya fokus pada dunia atau akhirat saja, namun pada keduanya. Pendidikan islam mengajarkan keduanya, profesional dalam keduanya, dan menyikapi dengan baik keduanya.

pengertian pendidikan islam

Pada intinya, pendidikanislam membekalkan peserta didik agar memiliki kehidupan yang baik dunia akhirat. Dalam hal duniawi berhubungan dengan sikap, intelegensi, kemampuan profesional dalam dunia yang ia dalami. Sedangkan dari sisi ukhrawi, pendidikan islam bersifat spiritual yang mengajarkan kebaikan-kebaikan yang sesuai dengan ajaran islam.

Recent search terms:

  • ruang lingkup hukum islam dan tujuannya
  • ruang lingkup pendidikan
Pengertian Pendidikan Islam : Ruang Lingkup dan Tujuannya
Tagged on: