Pengertian perubahan sosial : teori dan cakupannya – Perubahan sosial merupakan salah satu istilah yang sering kita dengar. Banyak orang yang merasa bingung dengan pengertian dari hal tersebut dan apa faktor atau penyebabnya. Perubahan ini memang sangat sering terjadi di masyarakat. Mungkin hanya saja masyarakat tidak terlalu faham apa yang disebut dengan perubahan tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa yang disebut dengan perubahan yang terjadi pada sosial, anda dapat melihat penjelasan berikut ini.

Pengertian Perubahan Sosial

Untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada sosial, kita harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Definisi perubahan sosial adalah suatu proses perubahan tatanan atau struktur yang ada di dalam suatu masyarakat. Perubahan ini merupakan pergeseran yang ada dilapisan masyarakat yang meliputi berubahnya pola pikir yang lebih maju, inovatif, dan perubahan terhadap sikap dan juga kehidupan sosialnya yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kehidupan yang bermartabat.

Sebenarnya setiap masyarakat akan mengalami perubahan sosial, dan kita akan mengetahuinya jika kita benar-benar menelaah dan meneliti perubahan tersebut dengan membandingkannya. Perubahan yang terjadi di era modern ini juga merupakan salah satu bentuk dari perubahan ini, misalnya semula masyarakat tidak begitu kenal dengan teknologi dan sekarang ini teknologi sangat familiar di kalangan masyarakat.

Teori Perubahan Sosial

Berikut ini ada beberapa teori yang digunakan untuk mengetahui adanya perubahan yang terjadi pada tatanan sosial dan pada masyarakat. Teori yang pertama adalah teori evolusi atau yang juga dikenal sebagai evolutionary theory.

Inti dan garis besar dari teori ini adalah bahwa perubahan yang terjadi pada tatanan sosial akan dialami oleh setiap masyarakat dan perubahan ini bersifat atau memiliki arah yang tetap yang mana perubahan sosial akan terjadi secara bertahap yaitu dari awal sampai akhir. Pakar atau ahli dari teori evolusi adalah Emile Durkheim dan Ferdinand Tonnies.

Selain teori evolusi untuk mencapai tujuan perubahan sosial adalah teori konflik atau yang sering disebut dengan Conflict theory. Teori dipelopori oleh Karl Marx dan Ralf Dahrendort. Poin penting dari teori ini adalah bahwa perubahan yang terjadi pada tatanan sosial dan terjadi atau terbentuk dari konflik. Konflik yang dimaksud dalam teori adalah konflik antara kaum penguasa dan kaum tertindas yang mana konflik ini dapat merubah sistem sosial yang sudah ada.

Teori fungsionalis juga merupakan salah satu dari teori perubahan. Teori ini menjelaskan bahwa perubahan itu bersifat constant dan perubahan tidak memerlukan adanya penjelasan. Perubahan yang diterima dari teori ini adalah perubahan yang bermanfaat untuk masyarakat selain itu perubahan tersebut tidak terpakai. Tokoh dari teori ini adalah William Ogburn. Tokoh ini dapat digunakan untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Selain teori-teori yang telah disebutkan di atas, masih ada satu teori lagi yang juga merupakan teori dari perubahan. Teori tersebut adalah teori siklus dan teori ini digunakan untuk mencapai fungsi perubahan sosial. Teori ini menjelaskan bahwa perubahan terjadi secara bertahap. Teori mungkin hampir sama dengan teori evolusi akan tetapi teori ini tidak hanya berhenti pada tahap akhir akan tetapi kembali terhadap tahap awal.

Cakupan Perubahan Sosial

Ada beberapa hal yang menjadi cakupan pada perubahan ini. Tiga cakupan dari perubahan adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial. Cakupan yang ke dua adalah perubahan organisasi sosial. Dan cakupan yang ke tiga adalah perubahan hubungan sosial. Ketiga cakupan tersebut cakupan yang termasuk ke dalam cakupan perubahan yang terjadi pada tatanan sosial.

pengertian perubahan sosial

Penjelasan tersebut merupakan penjelasan lengkap mengenai pengertian, teori, dan cakupan perubahan sosial. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan anda mengenai perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Recent search terms:

  • cakupan perubahan sosial
  • perubahan sosial
  • tujuan perubahan sosial
  • pengertian perubahan sosial
  • apa saja cakupan perubahan
  • artikel tatanan sosial
  • apa saja cakupan perubahan sosial
  • cakupan perubahan sosisl
  • cakupan teori
  • cakupannya
Pengertian Perubahan Sosial : Teori dan Cakupannya
Tagged on: