Pengertian prestasi belajar, faktor yang mempengaruhi dan cara meningkatkannya Prestasi belajar seseorang merupakan tolak ukur yang umum ingin dicapai oleh seorang siswa. Ia berkaitan dengan kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Ia merupakan hasil dari upaya yang tengah dilakukan oleh siswa ketika ia mendalami kegiatan keilmuan atau belajar. Ia merupakan pencapaian dari proses belajar yang selama ini dilakukan.

Menurut Gagne ada lima aspek yang dikenal saat seseorang ingin mencapai sesuatu dari kegiatan belajar yang ia dalami. Aspek-aspek itu adalah kemampuan intelektual, strategi kognitif, informasi verbal, sikap, serta ketrampilan. Ia dapat juga dipersempit menjadi tiga aspek yakni aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Aspek-aspek inilah yang mempengaruhi prestasi yang didapat oleh seseorang ketika ia menjalani proses belajar.

Pengertian Prestasi Belajar

Pada dasarnya prestasi belajar berasal dari dua suku kata yang tergabung membentuk sebuah frasa nomina. Ia berasal dari kata prestasi dan belajar. Masing-masing kata tersebut memiliki pengertian yang berbeda. Prestasi merupakan hasil atau capaian yang didapatkan oleh seseorang atas kerja keras serta usaha yang ia lakukan dalam kegiatan yang ia miliki. Ia adalah hasil dari kegiatan yang dilakukan secara berkelompok ataupun individu baik dengan cara dikerjakan maupun diciptakan.

Sedangkan kata belajar adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan seseorang dengan melakukan interaksi dengan sekitarnya. Ia merupakan proses mendapatkan sesuatu yang memberikan efek pada diri seseorang baik dengan cara mempelajari sesuatu, memahami sesuatu, dan mengenal sesuatu secara lebih dalam. Oleh karena itu, pengertian prestasi belajar adalah hasil pencapaian yang didapatkan setelah melakukan proses pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang baik dengan cara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Prestasi Belajar memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terbagi menjadi faktor intelegensi, minat, dan keadaan fisik maupun psikis. Faktor intelegensi memiliki artian kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mencapai suatu prestasi, dengan kata lain kemampuan intelektual seseorang atau tingkat kecerdasan seseorang.

Faktor prestasi belajar selanjutnya, minat merupakan kecenderungan yang muncul dalam diri seseorang dengan cara yang pasti ketika seseorang tersebut menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu. Sedangkan faktor fisik maupun psikis merupakan keadaan jasmani yang mempengaruhi indera jasmani seseorang dengan keadaan psikis yang berhubungan lekat dengan mental seseorang.

Prestasi Belajar dipengaruhi pula oleh faktor eksternal yang dapat berupa faktor manusia yakni guru dan orang tua, faktor lingkungan yakni tempat tinggal, serta faktor sumber belajar. Guru dan orang tua berperan sebagai pembimbing yang memberikan informasi keilmuan pada siswa, tempat tinggal memegang peran penting dalam hal pengembangan keilmuan siswa, sedangkan sumber belajar berfungsi sebagai alat atau media yang memfasilitasi siswa tersebut.

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar

Ada beberapa cara meningkatkan prestasi belajar siswa. Kegiatan peningkatan prestasi akan berhasil tergantung dari jenis kegiatan yang dilakukan oleh siswa tersebut. caranya dapat diawali dengan melakukan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif yang mampu meningkat tingkat minat seseorang dalam menjalani proses belajar.

Memberikan waktu bagi siswa untuk berkembang dengan cara membiarkan mereka aktif bertanya adalah salah satu cara lain dalam meningkatkan prestasi seseorang. Berikanlah pengertian serta penjelasan yang memahamkan tentang pentingnya belajar serta dorong siswa agar menggali cita-cita serta keinginan yang ingin mereka capai.

pengertian prestasi belajar

Prestasi Belajar dapat dicapai apabila seseorang mampu mengolah kemampuan yang ada di dalam diri seseorang baik yang didukung oleh faktor internal dan eksternal secara baik dan tepat. Seorang siswa akan mampu mencapai prestasi-prestasi tertentu jika ia didukung untuk melakukannya secara baik.

Recent search terms:

  • artikel-az com
  • cara meningkatkan hasil belajar secara internal
  • pengertian prestasi
  • penjelasan cita cita dan faktor yang mempengaruhi prestasi
  • Prestasi belajar dipengaruhi tempat tinggal
Pengertian Prestasi Belajar, Faktor Yang Mempengaruhi dan Cara Meningkatkannya
Tagged on: