Pengertian seni musik : fungsi dan unsurnya – Seni musik merupakan salah satu unsur seni budaya yang wajib dilestarikan. Banyak para ahli mencetuskan beberapa pengertian mengenai kesenian musik. Selain itu, setiap Negara atau suatu kelompok pasti memiliki kesenian musik. Musik juga memiliki beberapa jenis atau genre seperti musik pop, jazz, rock, keroncong, dan yang lainnya. Setiap orang memiliki genre seni musik yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai musik, anda dapat melihat penjelasan berikut ini.

Pengertian Seni Musik

Definisi seni musik memiliki beberapa macam tergantung dari ahli yang mencetuskannya. Misalnya, musik menurut Aristoteles adalah suatu kekuatan yang berasal dari melodi dan juga rasa yang berirama. Ahli-ahli musik yang lain adalah Prier dan Jamalus. Secara garis besar musik memiliki pengertian seni yang penciptaanya menggunakan media bunyi.

Fungsi Seni Musik

Ketika mendengarkan musik, hati kita kadang akan merasa nyaman, dan ternyata seni musik memiliki fungsi yang harus kita ketahui. Fungsi yang pertama adalah fungsi psikologis atau kejiwaan. Musik dapat memberikan pengaruh pada jiwa manusia seperti memberikan semangat, contohnya musik yang mengandung lagu perjuangan.

Selain fungsi kejiwaan, manfaat seni musik yang lain adalah fungsi pendidikan atau pedagogis. Musik dapat dijadikan salah satu perantara atau media dalam pendidikan misalnya saja lagu anak-anak dapat dijadikan media untuk mengajarkan sesuatu. Fungsi sosiologis juga merupakan salah satu fungsi dari musik. Fungsi ini dapat digunakan untuk media kehidupan sehari-hari misalnya lagu sedang bekerja.

Selain fungsi-fungsi tersebut, fungsi yang lain adalah fungsi cultural atau fungsi kebudayaan. Musik merupakan salah satu hasil dari kebudayaan manusia sehingga musik dari budaya satu dan budaya lainnya berlainan misalnya musik budaya timur dengan musik budaya barat. Fungsi seni musik yang lain adalah fungsi historis.

Selain dari fungsi-fungsi tersebut, secara garis besar musik memiliki fungsi diantaranya fungsi keagamaan atau religi, fungsi komunikasi, fungsi rekreasi atau hiburan, fungsi guna atau fungsi terapan, dan juga fungsi kesehatan sebagai terapi. Seni sangat mempengaruhi kehidupan manusia dan juga budayanya.

Unsur Seni Musik

Seni musik memiliki beberapa unsure yang wajib anda ketahui jika anda ingin belajar mengenai musik. Berikut ini adalah unsur-unsur yang ada di dalam musik. Unsur yang pertama adalah melodi. Melodi merupakan salah satu kesatuan frase yang terdiri dari nada-nada yang memiliki urutan interval yang sudah diatur tinggi rendahnya. Alat-alat melodis piano, gitar, dan bonang.

Irama juga salah satu unsure yang ada di dalam musik. Irama merupakan penentu ketukan dalam musik yang memainkan peran yang penting. Selain irama, birama adalah salah satu unsur yang ada di dalam musik yang berupa ketukan dan yang memiliki fungsi yang penting juga.

Selain unsur yang disebutkan di atas, unsur-unsur lain yang terdapat di dalam musik adalah harmoni, tangga nada, tempo, dinamik, dan timbre. Jika anda ingin mempelajari ilmu seni musik, anda wajib mengenal unsur-unsur yang ada di dalam seni musik. Dengan begitu anda dapat mempelajari musik dengan lebih mudah. Mempelajari musik dapat dimulai dari mengetahui unsur-unsurnya.

pengertian seni musik

Dari penjelasan di atas mengenai seni musik dan berbagai unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, semoga penjelasan tersebut dapat memberikan tambahan ilmu mengenai musik itu sendiri sehingga jika anda memerlukan penjelasan mengenai musik, anda dapat menggunakan penjelasan tersebut sebagai acuannya.

Recent search terms:

  • Pendagogis sosiologis psikologis ekonomi kultural dalam seni musik
  • salah satu fungsi lagu dalam lingkup
  • jelaskan tentang ruang lingkup seni musik
  • manfaat musik secara sosiologis
  • jelaskan ruang lingkup seni musik yang Anda ketahui
  • jelaskan ruang lingkup seni musik
  • fungsi musil pedagogis dan sosial
  • fungsi kesenian secara garis besar
  • yang di maksud dengan ruang lingkup seni musik
  • dimaksud ruang lingkup seni musik
Pengertian Seni Musik : Fungsi dan Unsurnya
Tagged on: