Pengertian seni rupa murni, terapan, dan 2 dimensi – Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan menggunakan media yang bisa ditangkap oleh mata dan juga bisa dirasakan melalui rabaan. Seni ini memiliki beberapa jenis yang sangat popular. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cabang seni ini, anda dapat melihatnya di dalam penjelasan berikut ini.

Pengertian Seni Rupa

Melihat penjelasan mengenai apa yang dimaksud seni rupa di atas tidaklah cukup karena masih banyak hal-hal lain yang berhubungan dengan seni rupa. Sebenarnya seni ini merupakan ungkapan perasaan dan ide yang di dalamnya terkandung keindahan atau estesis yang dianggap sebagai sesuatu yang bermakna bagi pembuatnya yang dapat diwujudkan dengan menggunakan media yang ditangkap oleh mata dan juga bisa diraba.

Di dalam seni ini, titik, garis, bidang, warna, texture, dan lainnya dirancang atau ditentukan menggunakan prinsip tertentu. Seni rupa dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. seni yang memiliki dua dimensinya memiliki dua ukiran saja sedangkan seni yang memiliki tiga dimensi memiliki tiga ukuran.

Pengertian Seni Terapan

Seni terapan atau yang juga disebut dengan applied art adalah seni yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai seni dan juga fungsi tertentu. Seni terapan terdiri dari beberapa macam jenis yang dapat dilihat dari bentuknya yaitu seni kriya, transportasi tradisional, senjata tradisional, dan juga rumah adat. Jadi arti seni rupa terapan merupakan seni yang tidak hanya memiliki nilai keindahan saja akan tetapi memiliki nilai yang lain.

Selain jenis yang telah disebutkan di atas, seni terapan juga memiliki jenis yang lain seperti seni arsitektur, seni dekorasi, seni ilustrasi dan juga seni grafis. Karena memiliki cakupan yang luas, seni rupa memang dibagi-bagi menjadi beberapa golongan atau bagian sehingga akan memudahkan dalam pengelompokannya.

Pengertian Seni 2 Dimensi

Sebenarnya sudah sedikit disinggung di bagian awal mengenai seni 2 dimensi. Namun untuk lebih jelasnya mengenai seni 2 dimensi, anda dapat melihat dalam penjelasan berikut ini. Seni dua dimensi hanya memiliki dua ukuran saja yaitu panjang dan lebar. Seni dua dimensi tidak memiliki ketebalan dan juga tinggi.

Untuk lebih jelasnya mengenai seni rupa dua dimensi, anda dapat melihat contoh-contoh berikut ini. Contoh yang pertama dari seni dua dimensi adalah lukisan. Lukisan termasuk dalam seni dua dimensi karena lukisan hanya memiliki panjang dan lebar saja dan tidak memiliki ruang. Lukisan sering dipakai untuk hiasan dinding.

Selain lukisan, contoh lain dari seni dua dimensi adalah seni grafis. Seni ini termasuk ke dalam seni dua dimensi karena seni ini hanya memiliki panjang dan lebar saja. Kaligrafi juga merupakan salah satu contoh seni rupa dua dimensi. Kaligrafi merupakan tulisan arab yang dipajang sebagai dekorasi. Seni dua dimensi memang banyak digunakan sebagai hiasan dinding.

Seni dua dimensi memiliki beberapa teknik dalam pembuatannya. Teknik-teknik dari sini dua dimensi adalah teknik plakat, teknik transparan, teknik kolase dan teknik 3M yang merupakan teknik melipat, menggunting, dan merekat. Teknik-teknik tersebut digunakan untuk membuat seni dua dimensi.

pengertian seni rupa

Seni memang memiliki beberapa cabang begitupun dengan seni rupa yang murni atau seni rupa terapan. Jika anda ingin mengetahui penjelasan mengenai seni terapan atau seni dua dimensi, semoga penjelasan di atas membantu anda dalam memahami seni tersebut.

Recent search terms:

  • pengertian seni rupa
  • yhsm-plushome_001
  • pengertian seni
  • prinsip seni rupa 2 dimensi
  • seni rupa murni dibagi dua
  • karya seni rupa murni dibagi 2
  • contoh kliping seni rupa 2 dimensi
  • contoh karya seni rupa 2 dimensi beserta penjelasannya
  • azaz seni rupa terapan dua dimensi
  • Apa yg dimaksud 2 dimensi terapan dan contohnya
Pengertian Seni Rupa Murni, Terapan, dan 2 Dimensi
Tagged on: