Pengertian seni sastra : fungsi dan contohnya – Seni sastra merupakan salah satu cabang dari seni. Seni atau yang juga disebut dengan art memiliki cabang seperti seni tari, seni musik, seni rupa, dan cabang lainnya. Berbeda dengan cabang lainnya, seni dengan cabang sastra itu miliki ciri yang unik dan menarik. Untuk lebih jelasnya mengenai cabang seni ini, anda dapat melihat pemaparan berikut ini.

Pengertian Seni Sastra

Definisi seni sastra menjadi penting karena definisi atau pengertian merupakan langkah awal untuk mengetahui sesuatu. definisi dari seni ini adalah tulisan yang memiliki keindahan dan arti tertentu. Seni yang sastra diwujudkan dengan tulisan yang memiliki nilai keindahan tertentu. Kata sastra sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti tulisan atau pedoman.

Fungsi Seni Sastra

Karena hamoir segala sesuatu yang diciptakan itu memiliki fungsi, maka seni sastra juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi yang pertama adalah sebagai sarana untuk menyampaikan pesan moral. Suatu karya sastra pasti memiliki pesan moral yang ingin disampaikan oleh penulis atau pembuatnya. Tidak jarang, karya sastra juga dijadikan pedoman seseorang. Secara tidak langsung, sebuah karya sastra memang menyampaikan pesan moral.

Selain untuk menyampaikan pesan moral, fungsi yang lain adalah sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap pemerintah atau kritik terhadap bangsa tertentu. Banyak karya sastra dibuat dengan tujuan untuk meyampaikan kritik. Kritik yang ada di dalam karya sastra memiliki dampak yang lebih daripada kritik langsung.

Seni sastra juga berfungsi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap negara dan kebudayaan sendiri. Banyak karya sastra yang dibuat oleh pengarang atau pembuatnya dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap rasa cinta tanah air.

Contoh Seni Sastra

Sebelum mengetahui contoh dari karya sastra, anda harus tahu macam-macam seni sastra terlebih dahulu. Macam atau kategori yang masuk dalam sastra adalah novel atau prosa, puisi, dan drama. Biasanya sastra dibagi menurut letak geografisnya misalnya sastra Indonesia, sastra Jawa, sastra Inggris, sastra Jepang, dan lainnya. Setelah anda sudah mengetahui tentang macam atau kategori dari sastra, maka anda akan dengan mudah mengetahui contohnya.

Untuk prosa, jenis atau kategori ini terdiri dari novel atau cerita pendek. Banyak pengarang novel Indonesia yang sangat terkenal seperti Ahmad Tohari, Pramoedya Ananta Toer, Sutan Takdir Alisjahbana, dan lainnya. banyak novel sebagai seni sastra Indonesia yang sangat terkenal misalnya Bumi Manusia, Maut dan Cinta, Siti Nurbaya, Atheis, dan lainnya.

Puisi juga merupakan salah satu jenis sastra yang terkenal. Puisi terdiri dari syair dan juga pantun. Puisi merupakan jenis karya sastra yang mengandung arti yang dalam karena dengan bahasa yang simpel, puisi mampu memberikan makna yang luas. Pengarang puisi Indonesia yang terkenal salah satunya adalah Chairil Anwar dengan puisinya “Aku”. Puisi merupakan ungkapan perasaan yang dapat memberikan makna yang luar biasa.

Jenis sastra yang lain adalah drama. Hampir di semua negara di dunia memiliki karya drama untuk jenis seni sastra mereka. Penulis naskah drama Indonesia yang terkenal salah satunya adalah Putu Wijaya dengan karyanya seperti Bila Malam Betambah Malam dan Demokrasi. Selain Putu Wijaya, penulis naskah drama yang lainnya adalah Agus Noor dengan karyanya Matinya Toekang Kritik.

pengertian seni sastra

Indonesia memang miliki banyak karya sastra yang luar biasa. Seni sastra dapat digunakan untuk pedoman karena didalam karya sastra terdapat pesan moral. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda.

Recent search terms:

  • seni sastra
  • pengertian seni sastra
  • contoh seni sastra
  • contoh sastra
  • seni sastra adalah
  • contoh karya seni sastra
  • karya seni sastra
  • arti seni sastra
  • pengertian seni sastra dan contohnya
  • sastra dan seni
Pengertian Seni Sastra : Fungsi dan Contohnya
Tagged on: