Pengertian seni tari : fungsi dan macam macamnya – Seni tari merupakan salah satu kesenian yang ada di nusantara. Indonesia memiliki beraneka ragam tari dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis tariannya masing-masing. Seni ini sangat menarik karena pada seni ini terdapat perpaduan antara gerakan dan juga musik yang mengiringi. Tarian tidak sekedar hiburan atau peragaan gerakan akan tetapi juga memberikan makna tertentu.

Pengertian Seni Tari

Definisi seni tari adalah gerakan tubuh yang dilakukan di tempat tertentu dan juga dilakukan di waktu tertentu dengan diiringi oleh irama yang bertujuan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan maksud tertentu. Musik atau bunyi yang digunakan untuk mengiringi tari berfungsi sebagai pengatur gerakan penari dan juga berfungsi untuk menyampaikan maksud yang ingin di sampaikan.

Gerakan-gerakan yang terdapat dalam seni tari tidak semata-mata gerakan yang biasa kita lakukan seperti berjalan atau berlari. Akan tetapi gerakan di dalam sebuah tarian itu sudah diberi keindahan dan juga berbagai efek tertentu. Oleh karena itu, ketika anda melihat sebuah tarian, gerakan-gerakan yang ada di dalam tarian tersebut sangatlah indah.

Fungsi Seni Tari

Tarian yang di lakukan oleh suatu kelompok memiliki beberapa fungsi. Fungsi dari tarian dapat anda lihat di dalam uraian berikut ini. Fungsi tarian yang pertama adalah fungsi tari sebagai sarana keagamaan dan juga upacara adat. Tarian dapat digunakan untuk sarana upacara keagamaan seperti tari Pendet yang digunakan untuk melengkapi upacara adat di Bali. Tari juga dapat berfungsi sebagai sarana hiburan.

Selain fungsi yang telah disebutkan di atas, tari juga dapat berfungsi sebagai media pertunjukan. Misalnya saja sebuah tarian yang ada di dalam pertunjukan ketoprak. Seni tari juga dapat berfungsi sebagai penyambutan tamu seperti dalam sebuah acara tertentu. Karena memiliki fungsi dan peranan yang penting, banyak orang tertarik untuk mempelajari kesenian yang berhubungan dengan tarian.

Macam-Macam Seni Tari

Karena Indonesia kaya akan kekayaan kebudayaan, maka banyak sekali macam atau jenis tari di Indonesia. Secara garis besar tari di Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok yaitu tari tradisional, tari kreasi baru, dan tari kontemporer. Ketiga kelompok tersebut juga masih memiliki jenis seni tari yang ada di dalam kelompok tersebut.

Untuk tari tradisional, tari ini dibagi menjadi dua macam yaitu tari rakyat dan tari klasik. Tarian rakyat adalah tarian yang berkembang dan juga di buat oleh suatu masyarakat biasa. Untuk tarian rakyat, jenis tarian ini tidak memiliki aturan yang baku dalam gerakannya. Gerakan yang ada di tarian ini dapat bervariasi. Sedangkan tarian klasik atau yang juga disebut juga tarian kraton merupakan tarian atau seni tari yang berkembang di dalam keraton.

Oleh karena itu tarian keraton tidak bisa sembarangan saja ditarikan. Hanya orang-orang bagsawanlah yang boleh menarikan tari tersebut. Selain itu, tari keraton memiliki aturan yang baku mengenai gerakannya. Sehingga tari keraton tidak mengalami perubahan dari zaman dahulu hingga zaman sekarang. Selain itu untuk mengetahui arti seni tari, and juga harus mengetahui jenis tari yang lainnya.

pengertian seni tari

Untuk tari kreasi baru, sebenarnya tarian ini merupakan tarian yang berkembang atau dikembangkan dari tari lama. Tari kreasi baru ini merupakan tari lama yang telah dimodifikasi oleh piƱata tari. Sedangkan tari kontemporer adalah jenis tarian yang ada di Indonesian yang bersifat modern. untuk tari kontemporer, disini tidak ada pengaruh dari tari lama.

Setelah membahas dan mengulas seputar seni tari, bagi anda yang berminat untuk belajar seni tari semoga informasi dan penjelasan tersebut bermanfaat untuk anda.

Recent search terms:

  • jenis dan peran tari kreasi n
  • apa saja fungai tari adat zaman primitif dan tari adat zaman sekarang
  • apa saja fungsi tari adat zaman
  • apa saja fungsi tari adat zaman primitif dan tari adat pada zaman sekarang
  • apa saja fungsi tari adat zaman primitif dan tari adat zaman sekarang
  • fungsi tari dan macam macamnya
  • macam fungsi tari di indonesia
  • pengertian kerja seni tari
Pengertian Seni Tari : Fungsi dan Macam Macamnya
Tagged on: