Pengertian sistem demokrasi : kelebihan dan kekurangannya – Mendengar kata demokrasi itu sendiri sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi kita warga Indonesia karena demokrasi merupakan sistem pemerintahan Negara Indonesia. Demokrasi itu sendiri memiliki beberapa pengertian yang di ungkapkan oleh para ahli. Apa pengertian sistem demokrasi, kelebihan dan juga kekurangan dari sistem demokrasi itu sendiri? Hal ini akan lebih lanjut di paparkan dalam artikel ini untuk anda.

Pengertian Sistem Demokrasi

Ada beberapa tokoh yang mengungkapkan pengertian sistem demokrasi yang pertama adalah Aristoteles yang mengatakan bahwa sistem demokrasi merupakan sebuah kebebasan yang di dalam artian merupakan sebuah kebebasan bagi setiap warga negara untuk dapat berbagi kekuasaan. Selain itu, Aristoteles juga mengutarakan bahwa untuk setiap warga negara memiliki ukuran atau tingkatan yang setara dalam jumlah, yakni satu individu saka karena dalam demokrasi itu sendiri tidak akan ada penilaian tingginya nilai individu karena setiap warga Negara memiliki kedudukan yang sama.

Sedangkan menurut tokoh lain yaitu Sidney Hook mengatakan bahwa sistem demokrasi merupakan sebuah sistem dari bentuk pemerintahan yang dimana dalam pengambilan keputusan penting di dalam suatu pemerintahan secara langsung maupun tidak langsung akan selalu didasarkan pada kepentingan mayoritas yang di dasari oleh hak oleh setiap rakyat.

Samuel Huntington juga mengatakan bahwa sistem demokrasi akan ada apabila setiap pemegang kekuasaan yang terdapat di dalam suatu negara di pilih melalui pemilihan umum yang adil dan jujur, sehingga untuk semua peserta dapat melakukan persaingan dengan bersih dan baik dimana semua masyarakat juga memiliki hak yang setara dalam melakukan pemilihan.

Kelebihan Sistem Demokrasi

Sistem demokrasi ini juga telah banyak di terapkan pada berbagai Negara di dunia termasuk Indonesia karena ada banyak kelebihan sistem demokrasi yaitu melindungi kepentingan rakyat karena kekuasaan yang sesungguhnya berasal dari warga Negara atau rakyat sebagai contoh adanya wakil rakyat di pilih melalui pemilu oleh rakyat dan berasal dari rakyat itu sendiri. Selain itu, kelebihan sistem demokrasi adalah berdasarkan prinsip kesetaraan dimana setiap warga Negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di mata hukum.

Kelebihan sistem demokrasi selanjutnya adalah stabilitas dan tanggung jawab pemerintah yang hanya akan stabil apabila hal ini di dukung oleh public. Selanjutnya adalah pendidikan politik rakyat dimana rakyat akan selalu berperan serta dalam menyampaikan aspirasi mengenai berbagai kebijakan demi menciptakan kesadaran di kalangan masyarakat.

Kelebihan sistem demokrasi lainnya adalah sedikitnya peluang revolusi, pemerintahan akan menjadi lebih stabil, sistem demokrasi akan dapat membantu masyarakat untuk menjadi warga Negara yang baik, dan hal ini juga di dasarkan oleh opini atau pendapat dari masyarakat umum

Kekurangan Sistem Demokrasi

Selain kelebihannya, juga terdapat kekurangan sistem demokrasi yang di antaranya adalah lebih menekankan pada kuantitas di bandingkan dengan kualitasnya sehingga akan menyebabkan partai tertentu yang menjadi mayoritas yang memegang wewenang dalam sistem pemerintahan.

Pemilih menjadi tidak tertarik dengan adanya pemilu sebagaimana yang kita lihat sekarang banyak golongan yang tidak mengikuti pemilu, dan demokrasi hanya untuk orang yang kaya karena dengan uang mereka dapat melakukan manipulasi keuangan untuk mendapatkan hal suara yang lebih banyak untuk memenangkan pemilu.

pengertian sistem demokrasi

Selain itu kekurangan sistem demokrasi, resiko terhadap pemerintahan yang tidak kompeten juga dapat menjadi salah satu kelemahan demokrasi karena demokrasi mayoritas ini bisa saja di jalankan oleh orang-orang yang tidak kompeten, menurunnya standar moral karena banyak sekali kasus politik uang yang di gunakan sebagai ajang untuk mencari jabatan di dalam sistem pemerintahan.

Recent search terms:

  • kelebihan sistem demokrasi
  • kelebihan sistem pemerintahan demokrasi
  • kelebihan dan kekurangan demokrasi
  • kelebihan dan kekurangan sistem demokrasi
  • kelebihan demokrasi
  • kelemahan sistem demokrasi
  • pengertian sistem demokrasi dan kelebihannya
  • kelebihan dan kekurangan demokrasi rakyat
  • kelebihan sistem demokrasi dalam pemerintahan
  • apa kekurangan dan kelebihan sistem pemerintahan demokrasi
Pengertian Sistem Demokrasi : Kelebihan dan Kekurangannya
Tagged on: