Pengertian sistem hukum : macam-macam dan tujuannya – Ada banyak pengertian dari para ahli mengenai Sistem Hukum. Di sini ada beberapa pengertian yang bisa diambil seperti dari Sudikno Mertokusumo yang menjelaskan bahwa system adalah hukum yang berarti bahwa hukum sendiri sudah merupakan system atau tatanan. Tatanan tersebut merupakan kesatuan yang terdiri dari berbagai bagian yang semuanya saling berkaitan. Hal ini merupakan pengertian pertama menurut ahli.

Pengertian Sistem Hukum

Sedangkan untuk pengertian system hukum menurut seorang ahli yaitu dari Satjipto Raharjo yang mengartikan secara terpisah. Sistem memiliki arti sebagai kesatuan yang memiliki tatanan atau struktur, selain itu system juga berarti rencana atau metode untuk melakukan sesuatu. Secara garis besar system ini berarti keteraturan dalam sebuah tatanan yang teratur yang terdiri dari beberapa unsur yang saling berinteraksi dan saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

System hukum menurut LH Friedman memiliki beberapa sifat yang kemudian system ini bisa dibagi menjadi 3 bagian yaitu komponen structural, komponen substansi, dan yang terakhir adalah komponen budaya. Untuk tipe yang pertama yaitu komponen structural yaitu bagian yang bergerak untuk bidang mekanisme. Contohnya adalah lembaga pembuat undang-undang, pengadilan, dan lembaga penegak hukum yang lainnya.

Jenis selanjutnya adalah komponen substansi yang akan menghasilkan kaidah hukum yang umum atau juga kaidah hukum individual. Dan yang terakhir adalah komponen budaya hukum. Pada komponen budaya hukum, setiap tindakan yang dilakukan oleh masyarakat yang disertai dengan nilai-nilai yang diikuti oleh masyarakat.

Macam Macam Sistem Hukum

Di dunia ini ada beberapa System hukum yang ada. System yang ada dibagi menjadi 4 bagian atau 4 macam. Yang pertama adalah Sistem Hukum Eropa Kontinental. Sistem jenis ini juga sering disebut sebagai Civil law yang berkembang dari romawi dan sekarang berkembang di Perancis. System ini kemudian berkembang di berbagai negara eropa lainnya seperti Belanda, Italia, Jerman, spanyol hingga Portugal. Pengertian dari system ini adalah system yang memiliki ketentuan-ketentuan hukum yang dihimpun secara sistematis yang selanjutnya ditafirkan dan diterapkan.

Macam-macam System hukum yang kedua adalah Anglo saxon. System ini didasarkan yurisprudensi yang berarti keputusan hakim yang pertama atau terdahulu dijadikan dasar oleh hakim yang selanjutnya dalam membuat putusan. Kata lain dari system ini adalah common law. Jenis yang selanjutnya dari system ini adalah system hukum adat. System ini memiliki dasar dari nenek moyang atau tradisi yang sudah diikuti sejak lama. Sistem ini bisa berubah-ubah dengan adanya perubahan keadaan social di masyarakat.

Macam yang terakhir adalah system hukum Islam. Jenis ini juga memiliki pengaruh yang sangat besar bagi dunia. System ini berasal dari negara Arab yang kemudian menyebar dan berkembang di seluruh dunia terutama negara dengan warga yang menganut agama Islam. Sumber hukum yang diambil dari Al-quran, hadis, dan sunnah. Hukum yang berlaku di dunia memang sangat dipengaruhi oleh perkembangan sistem hukum dari masa lalu.

Tujuan Sistem Hukum

System hukum dibentuk tentu dengan tujuan yang jelas. Sebelum mengetahui mengenai tujuan dari sistem hukum maka ada baiknya mengetahui mengenai fungsi dari hukum. Fungsinya adalah sebagai principle of legality atau fuller.untuk menjalankan fungsi tersebut maka suatu hukum harus mengandung peraturan yang tidak hanya berupa putusan ad-hoc, peraturan harus jelas diumumkan, sebaiknya tidak ada peraturan yang pasang surut, tidak boleh suatu peraturan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan atau antara peraturan yang satu dengan yang lain, tidak boleh terlalu menuntut, tidak boleh terlalu sering dirubah, dan harus sesuai dengan undang-undang.

Tujuan Sistem Hukum sangatlah jelas. Yang pertama adalah untuk mengabdi pada negara atau pada tujuan negara. Tujuan negara yang jelas adalah memakmurkan dan mensejahterakan rakyat sehingga dengan hukum tujuan tersebut bisa tercapai. Selain itu hukum juga berfungsi untuk mengatur hubungan antar sesama manusia agar hubungan yang tercipta adalah hubungan yang harmonis dan juga damai.

pengertian sistem hukum

Sedangkan menurut Geny tujuan dari system hukum adalah untuk menciptakan dan juga mencapai keadilan. Banyak sekali kasus pelanggaran yang merugikan negara sehingga hukumlah yang sangat berperan untuk menyelesaiakan dan memberikan pengadilan kepada pelaku atau juga para korban. Dengan adanya hukum, manusia akan berfikir lebih hati-hati ketika akan melakukan suatu tindakan buruk. Dalam hal ini system hukum bisa menjadi pencegahan yang efektif.

Recent search terms:

  • apa fungsi sistem hukum dan tujuannya
  • pengertian sistem hukum dan macam macam
  • ruang lingkup hukum tujuan hukum macam macam sistem hukum
  • tujuan sistem hukum
Pengertian Sistem Hukum : Macam-Macam dan Tujuannya
Tagged on: