Pengertian sistem komputer : fungsi dan macam macamnya – Komputer merupakan sebuah alat yang diciptakan dengan sedemikian rupa. Dimana dengan keberadaannya berbagai perintah yang diajukan pengguna dapat dilaksanakan dalam hitungan detik. Tentunya hal tersebut tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya sistem komputer yang di rancang dengan sistematis dan memiliki peranannya tersendiri. Bagi pengguna komputer ataupun laptop tentunya jarang terpikirkan apa itu sistem komputer itu? Nah untuk lebih lengkapnya, ulasan dibawah ini bisa menjadi jawaban tersebut.

Pengertian Sistem Komputer

Perangkat komputer memang harus memiliki sistem komputer yang menjadi pusat kerja dari perangkat tersebut. Dimana terdapat beberapa perangkat yang sebelumnya telah diatur dan dirancang untuk menjadikan kinerja komputer menjadi sinergis dan optimal. Nah sebelum memiliki lebih lanjut, tentunya ketahui terlebih dahulu mengenai definisi sistem komputer.

Secara bahasa, sistem merupakan kata dari bahasa latin yaitu systema yang artinya adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen yang saling dihubungkan untuk mendapatkan informasi, energy ataupun data. Dengan kata lain sistem bisa diartikan sebagai suatu kesatuan dari bagian-bagian yang saling berhubungan pada suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak. Sedangkan komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah ditentukan. Dengan demikian sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan perangkat komputer.

Dimana sistem komputer merupakan sistem yang bekerja secara fungsional dalam sebuah perangkat komputer. Sistem komputer bekerja dengan baik tentunya membutuhkan dukungan perangkat satu dengan yang lainnya. Perangkat yang saling bekerja sama tersebut adalah instruction set, software, hardware dan brainware.

Fungsi Sistem Komputer

Penggunaan sistem komputer pada sebuah perangkat tentunya dilatarbelakangi sebuah alasan, yang mana sistem komputer tersebut tentunya memiliki fungsi yang sangat vital. Realitasnya, fungsi sistem komputer terdapat 4 hal utama. Salah satunya adalah sebagai mengumpulkan data. Dimana perangkat input dasar adalah keyboard, mouse, dan perangkat penyimpanan eksternal. Fungsi yang kedua adalah sebagai data dan pemrosesan informasi. Yang mana pusat pemrosesan data terdapat pada cpu sebagai chip utama pemrosesan sentral.

Peranan sistem komputer yang ketiga adalah sebagai data dan informasi output. Tentu saja telah menerima, diolah kemudian menghasilkan data yang telah diolah. Hasil olahan tersebut dapat dilihat menggunakan flashdisk, informasi pada monitor ataupun sebuah video yang berupa paduan audio dan visual. Fungsi yang terakhir adalah sebagai data dan penyimpanan informasi. Setelah memasukkan data dan mengolahnya tentunya kegiatan yang dilakukan selanjutnya adalah penyimpanan. Yang mana aktivitas tersebut dapat disimpan pada ruang penyimpanan internal ataupun eksternal.

Macam Macam Sistem Komputer

Dalam sebuah sistem komputer terdapat 3 klasifikasi macam-macam sistem komputer. Yang pertama adalah hardware yang merupakan perangkat kerja, diantaranya adalah processing device, input device, output device dan juga storage divice.

Jenis sistem komputer yang kedua adalah software yang merupakan perangkat lunak. Pada bagian ini terdapat 3 komponen sebagai penyusunnya diantaranya adalah operating sistem, application program dan language program. Operating sistem sendiri terdapat tiga pilihan yang bisa digunakan yang mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya adalah linux, windows dan mac os. Sedangkan application program merupakan aplikasi yang digunakan untuk menunjang produktivitas perangkat komputer yaitu ms office, coreldraw, photoshop dan masih banyak lagi. Bagian dari software yang terakhir adalah language program. Dimana bahasa pemograman akan diterjemahkan ke bahasa yang bisa diterima manusia. Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis perintah-perintah tersebut adalah visual basic, turbo pascal dan delphi.

pengertian sistem komputer

Nah jenis sistem komputer yang terakhir adalah brainware yang merupakan orang yang mengoperasikan sebuah komputer. Tentunya sudah lengkap bukan mengenai penjelasan seluk beluk sistem komputer? Semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • fungsi sistem komputer
  • pengertian sistem komputer
  • fungsi dari sistem komputer
  • macam macam sistem komputer dan sistem kerja komputer
  • pengertian encoder fungsi dan macam macamnya sistem komputer
  • mengapa diperlukan sistem komputer
  • macam2 nama sistem komputer latin
  • kinerja sebuah atau suatu sistim computer
  • kegunaan sistem komputer
  • Fungsi sistem komputer pada kinerja komputer
Pengertian Sistem Komputer : Fungsi dan Macam Macamnya
Tagged on: