Pengertian sistem operasi komputer : fungsi dan jenisnya – Sebuah perangkat baik gadget ataupun komputer tentunya mempunyai otak sebagai pusat kendali. Dimana perangkat tersebut tentunya telah dirangkai dengan teknologi yang tinggi. Cara kerja yang canggih tentunya mampu memberikan kemudahan bagi pengguna alat atau perangkat tersebut. Saat ini seiring berkembangnya zaman, sistem operasi komputer telah dikembangkan dengan beragam kelebihan yang dimiliki. Disisi lain telah di upgrade dimana dengan tujuan memperbaharui kemampuannya dibandingkan sistem komputer yang terdahulu.

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Komputer merupakan sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan manusia saat ini. Dimana dengan bantuan perangkat komputer berbagai produk dapat dihasilkan. Mulai dari kebutuhan untuk berkas atau file, desain, fotografi hingga sebagai alat untuk komunikasi melalui media internet. Dengan berbagai manfaat komputer tersebut tentunya terdapat otak yang mampu mengerjakan berbagai perintah atau menjalankan sebuah perangkat keras.

Untuk menjalankan berbagai perintah pada perangkat komputer tersebut, sistem operasi komputer sangat diperlukan. Mengenai definisi sistem operasi komputer, adalah sebuah software atau program yang mempunyai tugas dalam melakukan sebuah pengendalian pada perangkat keras sebuah komputer. Di sisi lain sistem komputer ini juga merupakan penyedia layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak komputer.

Selain definisi diatas, sistem operasi komputer juga diartikan sebagai kode yang melakukan tugas dalam memberikan layanan untuk sebuah aplikasi, dengan demikian akan memungkinkan sebuah software aplikasi dengan mudah mengakses terhadap disk, manajemen memori, tugas penjadwalan, antar muka terhadap user.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sebagai perangkat terpenting pada komputer, sistem operasi komputer ini tentunya mempunyai peranan atau fungsi yang tidak bisa tergantikan oleh perangkat lainnya. Pada dasarnya sistem komputer ini memiliki fungsi menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras komputer. Untuk lebih jelasnya, sistem komputer ini memiliki berbagai fungsi lainnya.

Fungsi yang pertama sebagai sistem komputer adalah sebagai resource manager. Dimana perannya bertugas dalam pengelolaan sumber daya, selanjutnya mengalokasikan dengan tepat. Fungsi selanjutnya fungsi tatap muka terhadap user yang menyediakan tampilan yang lebih mudah digunakan dan pahami. Selain berfungsi dalam beberapa hal sebelumnya sistem komputer tersebut juga mempunyai peranan dalam hal kordinator. Dengan kata lain sistem operasi ini mampu menyediakan dan mengkoordinasikan fasilitas yang dibutuhkan, sehingga dapat menjalankan berbagai aktifitas yang kompleks pada sistem yang diatur sesuai urutan.

Fungsi sistem operasi komputer tidak hanya itu, pasalnya sistem komputer ini juga berfungsi dalam memberikan perlindungan terhadap file, serta memberikan pengawasan pada data dan program pada perangkat komputer. Lebih jauh lagi, sistem komputer ini juga berperan sebagai gate keeper, optimizer, accountant dan juga server.

Jenis Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer peranannya memang sangat penting. Dimana sejak penemuannya yang pertama, jenis-jenis sistem operasi komputer terus dikembangkan. Dimana saat ini sistem operasi komputer yang digunakan terdapat 3 generasi. Pertama, microsoft windows. Sistem operasi jenis ini memang banyak digunakan oleh pengguna pasalnya mampu menyajikan grafis yang mudah dipahami namun tetap menarik. Hingga saat ini versi terbaru dari microsoft adalah windows 8 dan windows orient.

Macam sistem operasi komputer selanjutnya adalah jenis unix yang memiliki basis open source. Kelebihannya dibandingkan sistem operasi komputer berupa window adalah sistem keamananannya. Macam-macam sistem komputer selanjutnya adalah mac o.s. jenis sistem komputer ini diperkenalkan oleh industri komputer apple atau yang dikenal dengan mac atau macitosh. Penggunanya berasal dari warga amerika yang merupakan masyarakat golongan keatas. Yang mana sistem terbarunya adalah ms windows ataupun linux.

pengertian sistem operasi komputer

Nah itulah penjelasan mengenai sistem operasi komputer yang mana telah mendefinisikan apa itu sistem operasi komputer beserta manfaatnya, dan juga mengenai macam-macam sistem informasi yang telah dikembangkan secara pesat. Semoga ulasan diatas bisa memberi pengetahuan yang bermanfaat.

Recent search terms:

  • macam macam sistem operasi windows a-z
  • pengertian sistem operasi dan jenis jenisnya
Pengertian Sistem Operasi Komputer : Fungsi dan Jenisnya
Tagged on: