Pengertian sistem politik : fungsi dan ciri-cirinya – Pengertian System politik secara umum yang perlu anda ketahui adalah mengenai sebuah interaksi yang terjadi antara pemerintah dan juga masyarakat dalam sebuah proses pengambilan kebijakan untuk kebaikan bersama dengan sifat mengikat untuk suatu masyarakat di suatu daerah atau wilayah. Hal tersebut mengenai pengertian umum secara luas.

Pengertian Sistem Politik

Anda juga perlu untuk mengetahui mengenai pengertian antara system dan juga politik. Secara bahasa sistem merupakan keseluruhan yang terorganisasi secara komplex. Sedangkan untuk pengertian politik yakni pembuatan kebijakan yang melibatkan antara masyarakat dan juga pemerintah demi kebaikan bersama dan kebijakan yang diambil bersifat mengikat. Pengertian System politik bisa anda pahami dengan sederhana dengan mengetahui deskripsinya.

Dalam konsep sebuah sistem politik akan ada beberapa istilah yang akan keluar seperti proses System politik yang berarti sebuah proses untuk mengatur hubungan antara sesama manusia. Selain itu ada juga istilah struktur system dibidang politik yang berarti lembaga-lembaga yang ada pada bidang politik baik lembaga formal maupun lembaga informal. Istilah yang selanjutnya adalah fungsi dari system politik yang berarti membuat keputusan agar tercapai tujuan-tujuan di masyarakat.

Fungsi Sistem Politik

Sebuah negara tentu memiliki sistem politik yang jelas dengan tujuan yang jelas pula. System dibidang ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk menjalankan sebuah negara. Dengan adanya sitem politik masyarakat akan mampu untuk mencapai tujuan-tujuan dalam masyarakat. Hasil dari hal ini adalah berbagai macam keputusan politik atau kebijakan yang diperuntukan untuk setiap masyarakat dan juga pemerintah dan kebijakan tersebut bersifat mengikat.

Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi suatu system politik seperti kekuasaan, kepentingan, kebijakan,dan juga budaya politik. Keempat hal tersebut sangat berpengaruh terhadap system dalam bidang politik ini. Anda bisa menyebut keempat hal tersebut sebagai variabel system politik.

Fungsi system politik yang pertama adalah Fungsi Sosialisasi Politik yang berarti memperkenalkan nilai, etika, dan perilaku politik kepada masyarakat suatu negara. Contoh dari fungsi ini adalah pengenalan pancasila kepada masyarakat dan tidak terputus oleh usia. Sosialisasi seperti ini sangatlah penting karena masyarakat perlu mengetahui tentang negara dan tentang kebijakan politik. Ada banyak cara yang digunakan untuk mensosialisasikan seperti di sekolah, keluarga, lingkungan, dan sebagainya. Fungsi yang kedua adalah Fungsi Rekrutmen Politik yang berarti sebuah system seleksi atau juga rekruitment untuk menjabat sebagai administrative politik.

Adapun fungsi yang ketiga adalah Fungsi Komunikasi Politik yang berarti fungsi yang biasa dijalankan ke oleh partai-partai politik untuk menyampaikan gagasan, ide, atau isu dengan menggunakan beragam media masa. Fungsi yang terakhir adalah Fungsi Stratifikasi Sosial. Fungsi ini adalah fungsi yang mengatur struktur perbedaan masyarakat yang berlapis-lapis dan memastikan terbuka atau tertutup.

Ciri-Ciri Sistem Politik

Pada setiap pengertian dari sistem politik memiliki inti yang hampir sama meskipun banyak ahli yang memberikan pendapatnya sendiri mengenai system ini. Setelah mengetahui mengenai definisinya maka ada beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui . Ciri-ciri dari system di bidang ini yang pertama adalah semua dari struktur dalam bidang politik ini memiliki kekhususan atau spesialisasi yang melaksanakan berbagai fungsi baik dalam masyarakat modern maupun primitive.

Ciri system politik yang kedua adalah bentuk system yang sederhana. Dalam masyarakat modern atau primitive akan memiliki sistem dengan tipe yang sederhana. Masyarakat yang sederhana juga akan memiliki sebuah system yang sederhana seperti system yang ada pada masyarakat pada umumnya.

pengertian sistem politik

Ciri yang ketiga dari system politik adalah memiliki fungsi yang memang sama meskipun ada perbedaan yang terjadi pada perbedaan tingkatan. Perbedaan pada fungsi dipengaruhi hanya pada tingkatan yang berbeda dan perbedaan tingkatan ditimbulkan oleh perbedaan struktur. Ciri dari system ini memang hanya memiliki 3 ciri umum namun tentu untuk ciri yang lebih detail akan lebih banyak lagi.

Recent search terms:

  • fungsi sistem politik
  • pengertian sistem politik dan ciri cirinya
  • tujuan sistem politik
  • fungsi politik dari budaya lokal
  • tujuan sistem politik adalah
  • fungsi sistem kehidupan politik
  • fungsi sistem politik dan jelaskan
  • fungsi sitem politik
  • fungsu sistem politik
  • mengapa dalam masyarakatperlu adanya lembaga politik
Pengertian Sistem Politik : Fungsi dan Ciri-Cirinya
Tagged on: