Pengertian sistem sosial : bentuk dan contohnya – Apa itu sistem sosial? Mungkin bagi beberapa orang apabila di suruh mendefiniskan tentang pengertian sistem sosial, mereka akan kebingungan padahal sebenarnya sistem sosial; sudah banyak kita jumlai dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan di jelaskan kepada anda tentang apa itu pengertian, bentuk, dan juga contoh sistem sosial itu sendiri. Berikut ini adalah ulasannya yang bisa menjadi informasi yang penting untuk anda.

Pengertian Sistem Sosial

Secara umum sistem sosial dapat di artikan sebagai suatu sistem yang terdiri sekumpulan tindakan yang dibentuk dari berbagai interaksi sosial antara satu individu dengan individu yang lainnya yang dimana akan selalu tumbuh dan berkembang di masyarakat. Sistem sosial ini dapat terbentuk dengan sendirinya yaitu karena adanya satu penilaian umum yang telah menjadi sebuah kesepakatan diantara kelompok masyarakat. Penilaian umum ini biasanya memiliki standar-standar tertentu yang di sebut juga dengan norma sosial.

Adapun pengertian sistem sosial juga banyak di kemukakan oleh para ahli yang diantaranya adalah Talcott Persons. Menurut Talcott Persons sistem sosial dapat di definisikan sebagai suatu proses interaksi yang terjadi di dalam masyarakat diantara para pelaku sosial. Interaksi yang terjadi diantara para pelaku sosial ini tentunya akan melibatkan sebuah struktur relasi yang menurut Talcott Persons di sebut sebagai sebuah sistem.

Dengan adanya pendapat dari Talcott Person ini, banyak orang yang mengambil kesimpulan yang di dapat dari hasil pemikiran Talcott Persons yaitu sistem sosial juga terdiri dari sebuah dari kolektivitas dan juga peran.

Oleh Karena itu, interaksi yang terjadi antara satu individu dan individu lainnya menurut Talcott Person akan mampu melahirkan sebuah sistem sosial. Sebagai salah satu contohnya adalah sistem sosial di dalam penjara dimana individu-individu yang ada di dalamnya lebih dari satu orang yang tentunya melibatkan interaksi di dalamnya.

Bentuk Sistem Sosial

Ada banyak sekali bentuk dari sistem sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh dari bentuk sistem sosial yang pertama adalah gotong royong.

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bentuk dari sistem sosial yang di lakukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama sehingga hal yang di kerjakan akan menjadi lebih lancer, mudah, dan juga ringan. Ada banyak contoh dari kegiatan gotong royong ini diantaranya adalah pembangunan fasilitas umum ataupun kegiatan untuk membersihkan lingkungan setempat.

Bentuk dari contoh dari bentuk sistem sosial ini tentunya akan membuat hubungan kelompok ataupun individu di dalam sebuah masyarakat tersebut menjadi lebih erat dan dekat sehingga akan tercipta sebuah lingkungan sosial yang harmonis dimana satu sama lain akan saling membantu.

Contoh Sistem Sosial

Contoh dari sistem sosial adalah kerja bakti. Kerja bakti merupakan sebuah sarana antar warga untuk dapat melakukan kegiatan secara bersama-sama sehingga akan menciptakan rasa kenyamanan untuk melaksanakan suatu proyek kegiatan untuk kepentingan umum. Kerja bakti ini biasanya akan timbul karena adanya inisiatif dari warga atau sekelompok orang di dalam masyarakat atau adanya perintah dari atasan. Untuk contoh kegiatannya antara lain adalah seperti membersihkan saluran air dan lainnya.

pengertian sistem sosial

Adapun untuk contoh dari sistem sosial lainnya adalah seperti adanya musyawarah di dalam suatu masyarakat untuk memutuskan hal yang di anggap merupakan kepentingan bersama. Hal ini biasanya merupakan inisiatif dari warga sendiri yang di pimpin oleh atasan atau seseorang yang di akui sebagai pemimpin di dalam sebuah masyarakat.

Recent search terms:

  • contoh sistem sosial
  • sistem sosial
  • pengertian sistem sosial
  • contoh sistem sosial dalam masyarakat
  • Bentuk Sistem Sosial
  • contoh sistem
  • sistem sosial dan contohnya
  • contoh sosial
  • pengertian sistem sosial dan contohnya
  • sistem sosial contohnya
Pengertian Sistem Sosial : Bentuk dan Contohnya
Tagged on: