Pengertian sosiologi pendidikan : tujuan dan pendekatannya adalah sebuah istilah yang tergabung dari dua kata, yaitu sosiologi dan pendidikan. Awalnya kedua bidang ini memiliki pembahasan dan ruang lingkup masing-masing, namun masyarakat yang berkembang sangat cepat begitu juga dengan budayanya, menjadi latar belakang adanya pendekatan sosiologi pendidikan. Di dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan antar manusia adalah hal yang sangat penting, kemudian hal ini juga dikaitkan dengan dunia pendidikan yang di dalamnya juga tidak terlepas dari suatu hubungan kemanusiaan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian, tujuan dan pendekatan sosiologi pendidikan.

Pengertian Sosiologi Pendidikan

Pengertian sosiologi pendidikan adalah berasal dari dua kata yaitu sosiologi dan pendidikan. Sosiologi adalah bidang kajian yang memiliki implikasi penting terhadap tumbuh kembangnya masyarakat, begitu juga dalam dunia pendidikan. Jika hubungannya dengan masyarakat tentunya sifatnya dinamis dan perkembangannya pesat. Dalam hal ini sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan segala aspeknya.

Sedangkan sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari seluruh aspek pendidikan. Aspek-aspek tersebut meliputi struktur, dinamika, masalah-masalah pendidikan, ataupun aspek-aspek lainnya yang secara mendalam dapat dianalisis dengan pendekatan sosiologis. Di dalam dunia pendidikan tentu juga tak lepas dari aspek sosiologis seperti hubungan pendidik dengan anak didik, pendidik dengan pendidik, dan sebagainya. Hal inilah termasuk dari aspek tersebut.

Lebih jelasnya, sosiologi pendidikan merupakan cabang dari ilmu pengetahuan yang membahas tentang proses interaksi sosial anak mulai dari keluarga, masa sekolah hingga dewasa dengan kondisi sosio kultural yang terdapat dalam lingkungannya atau masyarakat dimana ia tinggal dan dibesarkan.

Tujuan Sosiologi Pendidikan

Setiap sesuatu yang dilakukan dalam proses pendidikan tentu memiliki tujuan tertentu yang mengarah pada semua pihak, baik pendidik maupun anak didik. Dalam hal ini sosiologi pendidikan juga demikian. Tujuan sosiologi pendidikan yaitu membantu menemukan tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan akan ditemukan karena sosiologi pendidikan membahas segala aspek yang meliputinya. Selain itu tujuannya juga menganalisis perkembangan dan kemajuan sosial. Pada tujuan ini sudah jelas sekali karena sosiologi hubungannya dengan masyarakat.

Tujuan selanjutnya yaitu menganalisis proses sosialisasi anak baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Proses sosialisasi ini menjadi penting karena perkembangan anak dalam pendidikan juga dipengaruhi oleh kehidupan sosialnya dalam masyarakat dan keluarga. Selain itu tujuannya adalah untuk menganalisis partisipasi orang berpendidikan dalam kegiatan sosiologi.

Sedangkan tujuan sosiologi pendidikan di Indonesia disesuaikan dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pembangunan Indonesia modern. Tujuan tersebut diantaranya; untuk memahami seberapa jauh guru dapat membina kegiatan sosial anak didiknya yang tujuannya untuk pengembangan kepribadian, untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak, untuk mengetahui pembinaan ideologi Pancasila dan kebudayaan nasional Indonesia di lingkungan pendidikan dan pengajaran, dsb.

Pendekatan Sosiologi Pendidikan

Pendekatan sosiologi pendidikan mencakupi beberapa hal diantaranya; pendekatan individu, pendekatan sosial dan pendekatan interaksi. Pertama yaitu pendekatan individu, pendekatan ini yang menjadi titik pengamatannya adalah tingkah laku individu. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkah laku tersebut, bisa internal dan juga eksternal.

Kedua pendekatan sosial. Pendekatan ini titik tekannya adalah masyarakat dengan berbagai lembaga, organisasi, kelompok dan juga aktifitasnya. Pendekatan ini berasumsi bahwa tingkah laku individunya ditentukan oleh keadaan masyarakatnya. Dalam dunia pendidikan hal ini akan sangat bermanfaat dalam menganalisis tingkah laku anak didik.

pengertian sosiologi pendidikan

Ketiga pendekatan interaksi yaitu gabungan pendekatan sebelumnya yakni individu dan sosial melalui proses interaksi karena pada realitanya individu dan sosial saling berhubungan. Keduanya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sosial. Jadi dalam sosiologi pendidikan keduanya harus dipelajari dan dianalisis.

Recent search terms:

  • Pengertian sosiologi pendidikan
  • aspe aspek sosiologi beserta penjabarannyak
  • pendekatan sosiologi pendidikan
  • tujuan pendidikan dari aspek sosiologi
  • seperti apakah aspek pendidikan yang tidak lepas atau tidak bisa dipisahkan dari masyarakat
  • pengertian sosiologi pendidikan pendekatan ruang lingkup dan fungsi sosiologi pendidikan
  • pengertian sosiologi pendidikan dan manfaatnya
  • urgensi sosiologi pendidikan
  • pendekatan dan urgensi mempelajari sosiologi pendidikan
  • hubungan antara pendekatan fungsi dan tujuan sosiologi pendidikan
Pengertian Sosiologi Pendidikan : Tujuan dan Pendekatannya
Tagged on: