Pengertian struktur sosial : ciri-ciri dan fungsinya – Tanpa kita sadari sebenarnya struktur sosial sudah banyak terjadi di kehidupan masyarakat. Ada berbagai jenis struktur sosial dan begitu pula dengan fungsinya. Di dalam artikel ini, akan di jelaskan lebih lanjut tentang apa pengertian struktur sosial, ciri-ciri dan juga fungsinya di dalam masyarakat.

Pengertian Struktur Sosial

Apa itu struktur sosial? Secara etimologis, struktur sosial merupakan sebuah susunan masyarakat. Sedangkan Struktur Sosial secara definitive dapat di artikan sebagai sebuah skema dimana nilai-nilai sosial-budaya dan masyarakat di tempatkan pada posisi yang dianggap sesuai di dalam masyarakat. Hal ini di lakukan guna untuk tercapainya demi fungsi organisme masyarakat sebagai suatu yang utuh keseluruhan dan kepentingan pada setiap bagian masyarakat.

Struktur sosial juga merupakan sebuah hubungan yang timbal balik antara posisi dan peranan sosial. Selain itu, Struktur sosial juga dapat di artikan sebagai sebuah tatanan sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Di setiap struktur sosial akan terdapat berbagai perbedaan atau ketidaksamaan sosial dimana hal ini bisa di lihat dari dua aspek yaitu secara horizontal dan vertical

Ketidaksamaan sosial secara horizontal dapat di maknai sebagai suatu perbedaan antara satu individu ataupun suatu kelompok di dalam sebuah masyarakat yang dimana mereka tidak menunjukkan adanya sebuah tingkatan yang di anggap lebih tinggi ataupun lebih rendah sedangkan ketidaksamaan sosial secara vertical yaitu sebuah perbedaan antara satu individu atau suatu kelompok di dalam sebuah masyarakat yang menunjukkan suatu adanya perbedaan yang lebih rendah maupun lebih tinggi.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

Struktur sosial juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut yang pertama adalah hal ini hanya bisa muncul pada kumpulan individu yang dimana mereka memiliki status dan juga peran. Status dan peranan dari masing-masing individu ini hanya akan bisa terbaca pada saat a mereka berada di dalam sebuah kelompok masyarakat

Ciri-ciri yang kedua adalah berkaitan langsung dengan kebudayaan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sebuah kelompok masyarakat semakin lama akan membentuk suatu kebudayaan dan setiap kebudayaan yang timbul ini tentunya memiliki struktur sosialnya masing-masing. Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai banyak sekali daerah dengan berbagai macam kebudayaan. Hal ini merupakan salah satu penyebab munculnya beraneka ragam struktur sosial di Indonesia.

Ciri-ciri Struktur Sosial yang ketiga adalah dapat berubah dan juga berkembang. Dengan keberadaan masyarakat tidak dinamis, hal ini tentunya akan dapat berubah dan berkembang pula sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini karena struktur sosial yang dibentuk oleh sebuah masyarakat juga karena perkembangan zaman itu sendiri.

Fungsi Struktur Sosial

Ada tiga jenis fungsi dari struktur sosial yang pertama adalah sebagai fungsi identitas yaitu dimana struktur sosial itu sendiri memiliki fungsi sebagai penentu identitas suatu kelompok yang memiliki kesamaan latar belakang, budaya dan lainnya.

Fungsi struktur sosial yang kedua adalah sebagai fungsi control. Di dalam kehidupan bermasyarakat, biasanya akan selalu muncul sebuah kecenderungan di dalam setiap diri dari individu untuk melanggar norma dan peraturan lainnya. Dengan adanya struktur sosial ini tentunya dapat menjadi sebuah control bagi setiap individu untuk mengurungkan niat untuk melakukan pelanggaran terhadap norma dan nilai.

pengertian struktur sosial

Fungsi struktur sosial yang terakhir yaitu sebagai fungsi pembelajaran. Setiap individu akan belajar dari struktur sosial yang ada di masyarakat. Hal ini juga karena masyarakat merupakan sebuah tempat dimana setiap individu dapat saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga akan terdapat banyak sekali hal yang bisa dipelajari oleh setiap individu melalui sebuah struktur sosial di dalam masyarakat yang di mulai dari sikap, kebiasaan, kepercayaan dan juga kedisplinan.

Recent search terms:

  • fungsi struktur sosial
  • struktur sosial
  • pengertian struktur sosial
  • contoh fungsi identitas dalam struktur sosial
  • ciri ciri struktur sosial
  • fungsi struktur sosial dalam masyarakat
  • contoh fungsi struktur sosial
  • ciri-ciri struktur sosial
  • jelaskan fungsi struktur sosial
  • contoh fungsi kontrol pada struktur sosial
Pengertian Struktur Sosial : Ciri-Ciri dan Fungsinya
Tagged on: