Pengertian sumber belajar : manfaat dan tujuannya – Manusia belajar dengan menggali ilmu dari berbagai hal. Seluruh semesta yang ada di dunia ini dapat dipelajari serta dikaji secara keilmuan oleh manusia. Ilmu yang dipelajari oleh manusia pastilah memiliki sumber. Ia tentu pasti bersumber pada sesuatu karena itu orang lantas berpikir sesungguhnya sumber belajar manusia itu apa. Karena itu dalam artikel, akan dijelaskan tentang pengertian sumber belajar, manfaat, serta tujuannya.

Pengertian Sumber Belajar

Sumber dari kegiatan belajar yang dilakukan oleh manusia memiliki pengertian sebagai berikut. Secara deskriptif pengertian sumber belajar adalah semua sumber data, orang dan wujud tertentu, objek tertentu, yang digunakan sebagai alat pengirim informasi dalam kegiatan belajar yang dilakukan secara kumulatif maupun terpisah yang mampu memberikan kemudahan belajar sehingga dapat mencapai kompetensi tertentu.

Sumber Belajar bagi beberapa orang adalah dapat meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, maupun lingkungan yang dikumpulkan secara tersendiri maupun terkombinasi sehingga memungkinkan proses belajar dapat berjalan. Ia ada segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas utama belajar seseorang. Oleh karena itu, sumber belajar dapat dikaitkan dengan apa saja selama ia mampu memberikan keilmuan bagi seseorang.

Manfaat Sumber Belajar

Adanya sumber tentunya tidak terlepas dari manfaat. Manfaat sumber belajar sangatlah beragam dan ia dapat diperoleh melalui banyak hal mulai dari studi banding, wisata museum, hingga perpustakaan. Sumber-sumber yang dapat memberikan ilmu bagi seseorang ada banyak, yang paling umum dan paling dikenal serta sering dikunjungi adalah perpustakaan.

Perpustakaan merupakan sumber belajar utama seseorang yang ingin mengetahui banyak informasi serta ingin mengenal lebih banyak ilmu pengetahuan. Perpustakaan juga berpengaruh pada pendalaman keilmuan yang tengah dilakukan oleh seseorang. Perpustakaan yang baik dan efektif mampu melengkapi segala kebutuhan setiap pengunjung yang mendatanginya secara lengkap dan bebas.

Sumber lainnya berasal dari alat peraga atau sering dikenal sebagai media belajar. Media belajar seseorang juga sangatlah beragam. Di masa sekarang ini yang bersinggungan langsung dengan teknologi terkini adalah media elektronik. Media elektronik dapat menjadi sumber belajar yang efektif apabila digunakan secara tepat dan bijak. Adalah sebuah tindakan yang kurang tepat apabila mengabaikan kecanggihan teknologi yang ada saat ini.

Tidak menutup kemungkinan jika sember keilmuan dapat diambil dari beragam hal. Banyak ilmu dapat diambil dari mengunjungi museum, melakukan kunjungan belajar, maupun hal lainnya. Pembelajaran yang baik memiliki tujuan yang baik pula. Ada beberapa tujuan penting yang melatarbelakangi pentingnya kehadiran sumber dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang.

Tujuan Sumber Belajar

Tujuan sumber belajar seseorang umumnya adalah untuk meningkatkan tingkat aktivitas pembelajaran seseorang dengan keefektivitas waktu sehingga waktu yang digunakan akan mampu digunakan dengan baik tanpa terbuang secara sia-sia. Ia memberikan gaya belajar yang baru dan menyenangkan yang kadang kala dibutuhkan ketika seseorang mengalami kejenuhan belajar.

pengertian sumber belajar

Sumber Belajar juga memiliki tujuan lain yakni ia dapat mengembangkan kemampuan personal seseorang ke arah yang lebih baik. Ia dapat meluaskan keilmuan seseorang dengan cara yang berbeda sehingga dapat meningkatkan kemampuan intelektual seseorang secara praktis dan efektif. Demikianlah penting bagi seseorang untuk dapat menggali lebih banyak ilmu secara lebih mendalam.

Recent search terms:

  • tujuan sumber belajar
  • manfaat sumber belajar
  • pengertian sumber belajar
  • pengertian tujuan sumber belajar
  • pengertian sumber belajar adalah
  • Pengertian Manfaat sumber belajar
  • Pengertian belajar manfaat belajar sumber belajar dan tujuan belajar
  • manfaat sumber belajar dan contoh
  • Manfaat dan fungsi berpikir beserta sumbernya
  • fungsi dan tujuan sumber belajar
Pengertian Sumber Belajar : Manfaat dan Tujuannya
Tagged on: