Pengertian tenaga kerja : klasifikasi dan contohnya – Di lingkungan kita banyak sekali kita mengenal dengan istilah Tenaga Kerja. Ya memang karena banyak sekali tenaga kerja di masyarakat di setiap daerah. Bisa di katakan bahwa untuk bisa mencukupi segala kebutuhan hidup maka seseorang harus bekerja dengan menjadi tenaga kerja. Di dalam artikel ini akan di berikan informasi tentang apa itu contoh, klasifikasi, dan juga klasifikasi tenaga kerja.

Pengertian Tenaga Kerja

Ada banyak sekali pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari tenaga kerja. Sebagaimana menurut UU No 13 tahun 2003 bab 1 pasal 1 ayat 2 mengatakan bahwa tenaga kerja merupakan setiap orang yang yang untuk melakukan pekerjaan guna untuk dapat menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.

Sedangkan menurut Dr. Payaman Siamanjuntak mengatakan di dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia” tenaga kerja merupakan penduduk baik yang bekerja maupun tidak ataupun penduduk yang sedang mencari pekerjaan. Jadi bisa di simpulkan bahwa tenaga kerja merupakan seseorang yang sedang mencari pekerjaan ataupun seseorang yang sudah menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi segala persyaratan sebagaimana yang telah di tetapkan oleh undang-undang tentang tenaga kerja.

Klasifikasi Tenaga Kerja

Ada beberapa klasifikasi tenaga kerja, sebelum di bahas mengenai apa saja klasifikasi tenaga kerja, maka akan lebih baik apabila anda mengetahui tentang pengertian klasifikasi tenaga kerja. Klasifikasi itu sendiri merupakan sebuah system penyusunan berkelompok yang di dasarkan pada standar yang telah di tentukan. Jadi bisa di katakan bahwa klasifikasi tenaga kerja merupakan pengelompokan tenaga kerja yang di buat berdasarkan acuan criteria yang telah di tentukan.

Berdasarkan penduduk, klasifikasi di bagi menjadi due yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan semua jumlah penduduk yang telah di anggap sebagai penduduk yang dapat bekerja walaupun tidak adanya permintaan kerja. Menurut undang-undang, jenis tenaga kerja ini berada pada batasan usia 15 sampai 65 tahun.

Klasifikasi yang kedua adalah bukan tenaga kerja yaitu mereka orang-orang yang di anggap seseorang yang tidak mau ataupun tidak mampu untuk bekerja walaupun ada permintaan kerja. Menurut undang-undang tenaga kerja No 13 tahun 2003, klasifikasi bukan tenaga kerja ini di golongkan sebagai mereka yang berada di bawah usia 15 tahun dan orang-orang yang berada pada usia di atas 64 tahun atau di kategorikan sebagai anak-anak dan orang lanjut usia.

Adapun klasifikasi Tenaga Kerja berdasarkan kualitasnya di bagi menjadi beberapa bagian yang diantaranya yang pertama adalah tenaga kerja terdidik. Tenaga kerja terdidik merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam suatu bidang tertentu. Pendidikan yang di dapat ini bisa melalui sekolah formal maupun tidak formal.

Selanjutnya adalah tenaga kerja terlatih yaitu tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang-bidang tertentu. Keahlian ini di dapatkan melalui pengalaman kerja. Biasanya jenis tenaga kerja terdidik ini harus menjalani latihan berulang kali agar dapat benar-benar menguasai bidang yang di inginkan.Selanjutnya adalah tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih. Jenis klasifikasi tenaga kerja ini biasanya hanya memiliki adalah tenaga kasar untuk bekerja.

Contoh Tenaga Kerja

Ada banyak sekali contoh tenaga kerja yang bisa kita ambil contoh dari klasifikasi tenaga kerja. Sebagai contohnya adalah tenaga kerja terdidik dari pendidikan formal sekolah yaitu contohnya adalah dokter, guru, pengacara, dan lain-lain.

pengertian tenaga kerja

Sedangkan contoh dari tenaga kerja terlatih ahli bedah, apoteker, mekanik dan lainnya dimana mereka mendapatkan keahlian melalui pengalaman kerja yang berulang kali. Sedangkan untuk tenaga kerja yang tidak terdidik dan tidak terlatih adalah kuli, buruh, pembantu rumah tangga dan lainnya.

Recent search terms:

  • contoh tenaga kerja
  • pengertian tenaga kerja
  • contoh tenaga kerja terdidik
  • pengertian tenaga kerja terlatih
  • contoh tenaga kerja terlatih
  • pengertian tenaga kerja terdidik
  • klasifikasi tenaga kerja
  • contoh tenaga kerja tidak terdidik
  • tenaga kerja terdidik
  • pengertian tenaga kerja dan contohnya
Pengertian Tenaga Kerja : Klasifikasi dan Contohnya
Tagged on: