Pengertian virus komputer : sejarah dan jenisnya – Komputer ataupun perangkat laptop tentunya saat ini telah lazim mendapati sebuah virus komputer. Yang mana tanpa disadari virus ini dapat menghambat kinerja laptop ataupun komputer. Pada virus dengan tingkat yang cukup berat tentunya dapat lebih memperburuk kinerja laptop atau komputer. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu virus komputer, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Virus Komputer

Virus pada umumnya adalah sesuatu yang merugikan yang mana mampu menginfeksi suatu organisme. Begitu juga dengan virus komputer. Walaupun terdapat perbedaan makna dengan virus pada umumnya, namun virus pada komputer memang cukup merugikan. Virus komputer ini adalah sebuah program yang mampu menduplikasi, pada suatu kondisi duplikasinya memang berbeda dengan aslinya, dan yang terpenting virus ini membutuhkan tempat untuk memperbanyak diri.

Virus komputer adalah sebuah bagian dari perangkat lunak yang berbahaya, dimana telah dirancang untuk menjalankan misi atau tugas khusus yang tidak diketahui oleh operator komputer. Virus komputer akan mampu menginfeksi file, selanjutnya mereplikasi dan juga menggandakan dirinya dalam waktu yang singkat dengan akibat kinerja komputer menjadi tidak optimal.

Dengan penjelasan singkat kinerja virus tersebut dapat disimpulkan bahwa definisi virus komputer adalah program komputer yang dapat menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian ke dalam media penyimpanan yang akan mengakibatkan munculnya beragam pesan aneh dan pada akhirnya dapat merusak komputer sekaligus menghilangkan data.

Sejarah Virus Komputer

Pada awalnya virus komputer bukan suatu hal yang membahayakan kinerja perangkat komputer. Pasalnya virus ini diciptakan hanya untuk sebuah permainan semata. Hingga pada ujungnya kemunculan virus ini berbalik tujuan yang mana menjadi sebuah alat untuk balas denda ada sistem atau kelompok pengguna komputer tertentu. Dengan kata lain berubahnya tujuan penciptaan virus ini memang dapat merugikan kinerja komputer.

Hal tersebut telah berlangsung dari tahun 1960 yang mana virus diciptakan untuk memperbanyak diri dan selanjutnya mampu menghancurkan program buatan lawan. Sehingga virus yang mampu menghancurkan berbagai program dan mampu bertahan, dialah pemenangnya. Dan hingga saat ini virus seakan menjadi senjata ampuh untuk merusak sebuah program yang tidak diinginkan.

Jenis Virus Komputer

Saat ini telah banyak jenis virus dengan tingkat duplikasi dan menggandakan dirinya dan kemampuan merusak kinerja sebuah perangkat. Nah tentunya terdapat beberapa klasifikasi virus komputer yang patut diketahui, dimana salah satunya adalah malware. Tentunya jenis virus komputer ini sudah sering ditemukan pada perangkat komputer. Dimana malware ini merupakan singkatan dari malicious software yang diciptakan dengan tujuan menyerang komputer yang dituju.

Jenis virus selanjutnya adalah virus komputer yang mana merujuk pada suatu program yang mampu mereplikasi dirinya sendiri. Jenis virus lainnya adalah joke program, dimana jenis virus ini mampu meniru operasi-operasi yang membahayakan sistem komputer. Tetapi sebenarnya virus ini hanya sebuah virus lelucon yang hanya digunakan untuk bahan bercanda saja. Memang terlihat main-main, namun jenis virus komputer ini tidak bisa main-main lagi yaitu jenis trojan horse. Salah satu jenis virus ini mampu mengelabui pengguna, pasalnya virus ini mampu menyamar menjadi program yang berguna namun pada akhirnya hanya merusak sistem komputer.

Virus yang tak kalah berbahaya adalah malicious toolkits yang berada pada program yang didesain dapat membantu membuat program-program membahayakan dari sebuah sistem komputer yang dibuat untuk proses hacking. Virus selanjutnya adalah komputer worm, yang mana sebuah program independen sehingga tidak memiliki host program untuk ditumpang, namun virus ini dapat mereplikasi dirinya.

pengertian virus komputer

Nah tentunya anda menjadi lebih paham mengenai sejarah virus, apa itu definisi virus komputer, hingga jenis-jenis virus apa saja yang membahayakan komputer. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan.

Recent search terms:

  • contoh pengolahan data tentang virus
  • firus pengolahan data
  • jelaskan firus pengolahan data
  • jelaskan virus pengolahan data
  • pengertian tentang virus tak terlihat di komputer
  • pengertian virus komputer di pengelola data
  • tentang virus komputer dan macamnya
Pengertian Virus Komputer : Sejarah dan Jenisnya
Tagged on: