Pengertian warga negara : kedudukan dan konsepnya – Pada suatu negara maka tentu akan memiliki warga negara. Banyak sekali hal menarik yang bisa dibahas dari suatu negara. Salah satu hal penting dari suatu negara yang patut untuk dipahami dan dimengerti adalah mengenai warga negara. Warga negara memiliki fungsi yang penting bagi suatu negara. Suatu negara tidak akan terbentuk tanpa adanya warga negara. Sebelum anda mengetahui mengenai kedudukan warga negara, ada baiknya jika anda mengetahui mengenai pengertian dari warga negara terlebih dahulu.

Pengertian Warga Negara

Kemajuan suatu negara sangatlah tergantung oleh warga negara. Hal yang perlu dipahami mengenai negara salah satunya memang warga negara. Pengertian warga negara pada umumnya adalah setiap orang yang terdaftar dengan status hukum di suatu negara karena kelahiran, pewarga negaraan dan juga karena memang sudah terdaftar sebagai warga negara. Warga negara sebenarnya terbagi menjadi dua. Di Indonesia, warga negara yang memiliki status hukum sebagai warga negara sendiri biasa disebut dengan WNI.

Ketika seseorang terdaftar sebagai warga negara Indonesia maka akan mendapatkan hak dan kewajiban sebagai warga negara untuk negara. Hubungan anda warga negara dengan negara sangatlah erat kaitannya. Warga negara akan mendapatkan perlindungan oleh negaranya apabila terdapat suatu kasus sedangkan warga negara juga memiliki kewajiban untuk menjaga negaranya.

Tipe yang kedua adalah warga negara asing atau WNA. WNA atau warga negara yang bukan berasal dari negara yang ditinggalinya tidak akan memiliki kewajiaban atau hak yang sama seperti warga negara Indonesia yang memiliki status hukum sebagai WNI. Hak dan kewajiban terhadap negara tidak berlaku untuk WNA. Dalam undang-undang dasar telah disebutkan mengenai aturan kewarganegaraan.

Pasal yang mengatur mengenai kewarganegaraan adalah UUD 1945 pasal 26. Pada pasal ini telah disebutkan tentang ketentuan mengenai warga negara. Undang-undang telah mengatur banyak hal mengenai warga negara. Ketentuan warga negara sudah tertulis dengan tegas dan juga jelas. Ada beberapa ketentuan yang membedakan mengenai warga negara Indonesia dengan warga negara asing.

Kedudukan Warga Negara

Suatu negara akan selalu membutuhkan warganya. Setiap kegiatan negara harus selalu mendapatkan persetujuan warga negaranya. Setiap warga negara memiliki peran yang sangat penting bagi negaranya. Negara sangatlah memiliki otoritas yang besar bagi warga negaranya. Suatu negara berhak atas warga negaranya juga memiliki kewajiban yang penuh untuk warga negaranya. Ada beberapa hal yang menjelaskan mengenai kedudukan warga negaranya.

Status kedudukan warga negara yang pertama warga negara adalah status positif yang berarti warga negara mampu menuntut hak kepada negara untuk perlindungan seperti perlindungan jiwa, harga, dan juga yang lainnya. Status yang selanjutnya adalah status warga negara negative yang berarti warga negara tidak boleh ikut campur dalam hak asasi warga negara.

Status yang selanjutnya yang menjadi kedudukan warga suatu negara adalah status aktif yang memiliki arti bahwa setiap warga memiliki kewajiban ikut serta dalam pemerintahan yang memang melibatkan warga negara. Untuk status yang terakhir adalah status pasif. Status pasif memiliki arti bahwa suatu warga negara wajib untuk mengikuti dan mematuhi kewajiban suatu negara.

Konsep Warga Negara

Secara constitutional, konsep warga negara sudah tercantum dalam peraturan undang-undang. Pada UUD 1945 pasal 26 telah ditulis bahwa warga suatu negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan juga bangsa lain yang id sah kan dengan undang-undang sebagai warga suatu negara. Dari undang-undang tersebut anda bisa melihat bahwa warga negara bisa merupakan warga asli atau juga warga asing.

pengertian warga negara

Pada UUD 1945 pasal 12 dijelaskan bahwa warga negara adalah warga di suatu negara yang telah ditetapkan dengan berdasar undang-undang, sedangkan WNI adalah orang yang menurut undang-undang atau menurut perjanjian pemerintah negara dengan negara lain sebelum peraturan UUD ini berlaku sudah tercatat sebagai warga negara Indonesia.

Recent search terms:

  • apa yang anda ketahui tentang kedudukan kewarganegaraan
  • hubungan kedudukan warga negara dalam negara dan kedudukan negara dengan warga negaranya
  • kedudukan warga negara pengertian
  • Konsep dan pengertian warga negara
  • pengertian warga negara indonesia
Pengertian Warga Negara : Kedudukan dan Konsepnya
Tagged on: