Pengertian web server : fungsi dan cara kerjanya – Web server merupakan software yang sangat berperan dalam pencarian data di browser. Dunia internet tentu sudah tidak asing lagi bagi anda. Setiap waktu mungkin anda membutuhkan internet untuk mencari informasi yang anda cari. Dengan melakukan pencarian di dunia internet, hal ini akan memberikan kemudahan bagi pencarinya. Selain lebih mudah, informasi yang didapatkan juga lebih cepat dan lebih banyak. Semakin maju dunia, maka dunia online juga semakin pesat perkembangannya. Ketika berselancar di dunia internet, maka web server sangat berperan di dalamnya. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu web server, fungsi dan cara kerja dari web server akan diuraikan berikut.

Pengertian Web Server

Pengertian web server adalah sebuah perangkat lunak (software) dalam server yang memberikan layanan kepada client yang meminta informasi lewat web browser melalui protokol HTTP dan atau HTTPS. Setelah itu, hasil tersebut direspon dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk halaman HTML. Halaman ini yang kemudian dibaca oleh para client tersebut dalam mendapatkan informasinya.

Jika dijelaskan lebih sederhana, web server merupakan pelayan/ pemberi layanan bagi browser atau web client seperti mozilla, internet explorer, opera, chrome, dan lain sebagainya agar browser dapat menampilkan laman yang diminta sebelumnya. Dengan demikian, software ini sangat dibutuhkan oleh pengguna (user) untuk website yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan akses yang cepat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan trafik yang besar dan mencegah terjadinya down pada website.

Fungsi Web Server

Setelah mengetahui apa itu web server, untuk selanjutnya yaitu mengetahui lebih jauh fungsi web server. Fungsi utama dari software ini adalah untuk mentransfer berkas permintaan user melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan, bisa mozilla, opera, internet explorer dan sebagainya. Halaman yang diminta oleh pengguna bisa berupa apa saja, seperti video, teks, gambar dan sebagainya.

Ketika anda ingin mencari informasi melalui website, maka secara otomatis anda akan mengetik alamat yang akan dicari. Setelah menekan tombol enter, maka disitulah web server akan berperan mentransfer informasi yang dicari. Perangkat lunak ini akan mencarikan informasi dan menampilkannya apakah ada yang dicari atau tidak. Jika tidak ada, maka browser akan menolaknya.

Sebagai salah satu contoh dari web server yaitu apache web server (HTTP web server). Web ini adalah salah satu contoh yang sering dipakai di dunia internet. Web server apache ini memiliki beberapa dukungan seperti kontrol akses, personal home page (PHP), server side includes (SSI).

Kelebihan dari apache ini diantaranya; apache termasuk kategori freeware, mudah sekali di instalasi, mudah mengatur konfigurasinya, mudah dalam menambahkan peripealnya, mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi. Dengan kelebihan tersebut, web server apache ini banyak digunakan dalam dunia website.

Cara Kerja Web Server

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, selanjutnya mengetahui cara kerja web server itu sendiri. Cara kerja ini tentunya tidak lepas dari peran pengguna (user) yang meminta informasi. Cara pertama yaitu, pastikan komputer dekstop anda telah menginstal web browser seperti chrome, mozilla, opera, explorer dan sebagainya.

Setelah memiliki program ini, maka pastikan komputer anda terhubung via internet, karena tanpa terhubung dengan internet maka web server tidak akan bekerja. Perangkat lunak ini terdapat di komputer server sehingga data-data website juga tersimpan didalamnya dengan baik.

pengertian web server

Data yang diminta dari browser ke web server tersebut atau bisa disebut juga dengan HTTP request, akan dicari oleh web server di dalam komputer. Jika pencarian ditemukan, maka akan ditampilkan. Jika tidak, maka browser tidak akan menampilkan informasinya atau yang sering dilihat bertuliskan page not found.

Recent search terms:

  • fungsi web server
  • kegunaan web server
  • fungsi utama web server
  • fungsi dari WEB SERVER
  • fungsi dan contoh web server
  • Cara Kerja Software Akses Web
  • Cara kerja Client-server dalam mencari informasi/ memberikan informasi di internet
  • cara kerja client server dan memberikan informasi di internet
  • pengertian web dan cara kerja nya
  • cara kerja apache
Pengertian Web Server : Fungsi dan Cara Kerjanya
Tagged on: