Pengertian world wide web : kegunaan dan contohnya – Saat kamu sedang menjelajah situs di internet tentu sangat familiar dengan alamat situs internet yang selalu berawalan www. Kata tersebut tentu bukan tanpa makna. Www merupakan singkatan dari world wide web ataupun suatu istilah yang merujuk pada halaman website. Nah, agar kamu semakin paham apa itu www, berikut baca artikel ini hingga selesai.

Pengertian World Wide Web

world wide web merupakan kepanjangan dari www yang berupa ruang informasi yang dipakai oleh pengenal di internet secara global. Pengertian world wide web sendiri adalah suatu pengidentifikasian sumber seragam untuk mengetahui secara pasti sumber data berguna dalam sebuah internet. Www merupakan bagian dari internet dan bukanlah dari keseluruhan internet.

World wide web sendiri merupakan sebuah kumpulan penyedia jasa website yang ada di seluruh dunia. Melalui website inilah pengguna internet dapat mengakses informasi yang ada di dalam internet baik berupa gambar, teks ataupun video, suara dan berbagai hal lainnya yang bisa kamu temui saat menggunakan internet.

Kegunaan World Wide Web

World wide web sendiri memiliki kegunaan yang sangat penting bagi pengguna internet. Fungsi world wide web pada dasarannya adalah untuk menyediakan data informasi yang dibutuhkan pengguna untuk digunakan secara bersama-sama. Keguanan dari www ini masih sangat baru jika dibandingkan dengan kegunaan atau fungsi dari sebuah surat elektronik atau surel.

Pada dasarannya world wide web merupakan kumpulan dokumen penyedia website dimana penyedia jasa layanan ini tersebar di seluruh benua di dunia mulai dari amerika, eropa hingga afrika yang kemudian terhubung sama lainnya dengan jaringan internet. Umumnya dokumen atau informasi yang ada di simpan dalam format html atau hypertext markup language.

Pada sebuah world wide web dalam suatu halamanya berisikan dokumen informasi yang terdiri dari teks, gambar ataupun suara yang terkait satu sama lainnya dengan dokumen lain. Keterkaitan antara website satu dengan lainnya disebut dengan pranala. Dokumen dokumen yang saling berkaitan ini disebut dengan hypermedia. Sehingga sebuah www adalah kumpulan dokumen multimedia yang bertautan satu dengan lainnya menggunakan tautan atau sambungan hypertext .

Sejarah world wide web sendiri bermula dari program yang ditemukan oleh tim berners lee tahun 1991. Pada awalnya berners lee hanya ingin mendapatkan cara untuk menyusup arsip guna riset yang dilakukanya. Dia kemudian mengembangkan sebuah system untuk keperluanya sendiri sebagai sebuah bentuk peranti lunak atau software yang disebut dengan enquire yang akan menjadi cikal bakal dari world wide web.

Dengan enquire yang dikembangkan oleh tim bernes lee ini mampu diciptakan sebuah jaringan yang memuat dan menautkan berbagai arsip yang memudahkan pencarian atas informasi yang dibutuhkan oleh seseorang. Pengembangan pembuatan world wide web yang pertama kali dikembangkan di pusat penelitian fisika partikel di eropa yang dikenal dengan cern di jenewa swiss.

Berners lee inilah yang membuat proposal pertama kali untuk membuat sebuah hiperteks global yang ada di dunia. Pada oktober 1990 world wide web pertama kali dijalankan di lingkungan cern dan pada musim panas tahun 1991, istilah www pertama kali secara resmi di luncurkan secara luas di internet.

pengertian world wide web

Contoh World Wide Web

Saat ini tentunya sangat tidak sulit untuk menemukan contoh world wide web. Jika kita sering mengakses internet maka kita akan menemukan bahwa hampir semua website yang ada saat ini menggunakan awalan www sebelum nama website tersebut. Singkatan www atau world wide web di awal nama alamat website inilah yang kemudian mengantarkan kita masuk pada sebuah website. Misal, kita akan mencari alamat websitenya google tentu kita menuliskan www sebelum kata google agar lebih mudah ditemukan alamat websitenya.

Recent search terms:

  • kegunaan www
  • pengertian world wide web dan kegunaannya
  • Pengertian world wide web
  • kegunaan world wide web
  • contoh world wide web
  • manfaat world wide web
  • gambar world wide web
  • contoh dari www
  • fungsi dari www
  • format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web
Pengertian World Wide Web : Kegunaan dan Contohnya
Tagged on: