Pengertian sistem informasi : tujuan dan contoh – Secara umum dikenal sebagai sebuah sistem yang menyimpan berbagai informasi. Sistem informasi penting dimiliki oleh sebuah instansi karena memiliki kegunaan yang luar biasa dalam berbagai hal. Di era teknologi saat ini, Informasi diolah dengan sebuah sistem database yang mampu merekam setiap aktivitas seseorang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai seluk-beluk sistem informasi, ada baiknya anda menyimak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Sistem Informasi

sistem informasiDefinisi dari sistem informasi sebenarnya sangat beragam namun ada beberapa point penting dalam setiap definisi yang diungkapkan para ahli. Untuk mengetahui lebih dalam, pertama akan dijelaskan pengertian sistem informasi secara harfiah. Sistem informasi terbentuk dari susunan dua kata yakni sistem dan informasi. Sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan dari orang yang saling beraktivitas atau bekerja dengan aturan yang sistematis dan terstruktur serta menjalankan fungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sementara arti dari informasi adalah sejumlah data yang telah diolah dan memiliki kegunaan untuk suatu tujuan tertentu.

Secara umum sistem informasi merupakan suatu sistem yang di dalamnya memuat tentang berbagaii informasi yang terkait dengan operasional suatu organisasi yang berguna untuk mengambil keputusan dalam mencapai tujuan organisasi. Informasi yang tercakup di dalamnya meliputi jaringan komunikasi, transaksi rutin, manajemen, dan informasi yang dibutuhkan pihak intern serta ekstern organisasi.

Pengertian Sistem Informasi dan Tujuannya

Keberadaan sistem informasi dalam sebuah organisasi memang sangat penting. Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai ketika sebuah organisasi menggunakan sistem informasi operasionalnya. Tujuan penggunaan sistem informasi yang pertama adalah untuk menyediakan informasi-informasi tertentu dalam pengambilan keputusan. Keberadaan data dalam sistem informasi akan sangat membantu pemimpin organisasi dalam menyikapi suatu permasalahan.

Tujuan lain dari penggunaan sistem informasi ini adalah untuk mendukung proses operasional harian sebuah organisasi. Dengan pencatatan berbagai rutinitas organisasi dalam sistem informasi, maka semua aktivitas ini dapat diaudit lagi di masa yang akan datang ketika terjadi suatu kesalahan atau penyelewengan.

Selain itu sistem informasi juga digunakan oleh organisasi untuk melakukan pencatatan terhadap kepengurusan. Informasi mengenai data pengurus organisasi sangat penting terutama ketika suatu waktu dibutuhkan untuk suatu hal. Selain itu dengan adanya sistem informasi ini juga bertujuan untuk membantu organisasi untuk menemukan berbagai informasi tentang organisasi secara cepat menggunakan teknologi mutakhir.

Contoh Sistem Informasi

Sistem informasi dibagi menjadi beberapa jenis yang saat ini sudah banyak digunakan oleh organisasi-organisasi yang ada.Jenis sistem informasi pertama yang banyak digunakan oleh kalangan intelektual, yakni Knowledge Work System. Sistem informasi ini memuat berbagai informasi terbaru mengenai ilmu pengetahuan, sehingga dapat diakses oleh orang lain dan berkontribusi bagi masyarakat.

Jenis sistem informasi yang kedua adalah Transaction Processing Systems. Jenis sistem informasi yang satu ini sering diaplikasikan pada organisasi yang memiliki operasional rutin misalnya dalam transaksi keuangan, registrasi atau yang lainnya.sistem informasi yang satu ini memuat database yang sudah terkomputerisasi yang kemudian digunakan untuk mencatat kegiatan rutin suatu organisasi.

Selanjutnya adalah Office Automation Systems. Sistem informasi yang satu ini mampu menggabungkan beberapa peralatan IT dalam sebuah jaringan yang berpusat pada sebuah server tertentu. kegunaannya tidak lain untuk menghubungkan peralatan IT setiap pekerja atau anggota organisasi sehingga komunikasi yang dilakukan lebih efisien.

Demikianlah ulasan yang dapat kami bagikan terkait seluk-beluk sistem informasi. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan juga semoga bermanfaat.

Recent search terms:

  • contoh sistem informasi
  • pengertian sistem informasi dan contohnya
  • tujuan sistem informasi
  • Tujuan dibuatnya sistem informasi
  • sistem informasi dan contohnya
  • tujuan sistem informasi secara umum
  • Cara kerja sistem informasi sampai mencapai tujuannya
  • cara kerja sistem informasi mencapai tujuannya
  • cara kerja sistem informasi sampai mencapai tujuannya dan contohnya
  • cara kerja sistem informasi sampai pada tujuannya dan contohnya
Pengertian Sistem Informasi : Tujuan dan Contohnya
Tagged on: